Musim Hujan Rumah Tetap Nyaman. Begini Caranya!

Agar rumah tetap menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan berlindung dari hujan, ikuti beberapa tips vanguard.com agar rumah Anda

oleh Wahyu Ardiyanto diperbarui 09 Okt 2016, 17:53 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2016, 17:53 WIB
20161009-tips hadapi hujan
Sisi yang menyenangkan dari musim ini adalah cuaca yang terasa sejuk dan teduh, serta tanaman di kebun yang selalu terlihat segar.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki penghujung tahun, frekwensi curah hujan pun semakin tinggi. Sisi yang menyenangkan dari musim ini adalah cuaca yang terasa sejuk dan teduh, serta tanaman di kebun yang selalu terlihat segar.

Agar rumah tetap menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat dan berlindung dari hujan, ikuti beberapa tips dari Rumah.com agar rumah Anda selalu dalam kondisi terbaik.

1. Periksa atap rumah

Salah satu bagian penting rumah yang melindungi Anda dan keluarga di musim penghujan seperti ini adalah bagian atap. Periksa seluruh bagian atap apakah ada retakan kecil maupun besar. Minta bantuan professional jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri.

Jika semua retakan sudah diperbaiki, lapisi dengan cat waterproof untuk perlindungan ganda dari kebocoran yang mungkin terjadi.

2. Periksa dinding rumah

Jangan abaikan bila ada retakan di bagian luar atau bagian dalam dinding rumah. Ketika hujan turun retakan ini akan membuat rumah menjadi lembab dan menimbulkan masalah lain setelahnya.

3. Bersihkan selokan

Jika jalanan di depan rumah Anda terdapat selokan, pastikan tidak ada sampah yang mengendap di tempat tersebut. Selokan yang penuh dengan sampah dapat menyebabkan banjir jika hujan turun dalam kurun waktu yang lama.

Bersihkan juga saluran air di bagian atap rumah agar aliran air dapat mengalir turun dengan lancar. Lakukan hal ini paling tidak seminggu sekali terutama di musim penghujan.

4. Jaga rumah agar tetap kering

Ketika hujan turun, banyak orang yang ingin merasa hangat dan nyaman di dalam rumah sehingga menutup rapat seluruh jendela dan pintu. Ini adalah sebuah kesalahan, Anda boleh menutup rapat jendela ketika hujan turun namun bila sudah berhenti segera buka kembali agar udara segar dapat masuk ke dalam rumah.

Meyimpan tanaman di dalam rumah selama musim hujan juga akan membuat rumah terasa lembab. Di saat cuaca cukup cerah, letakkan kembali tanaman tersebut di luar ruangan

5. Potong rumput yang sudah panjang

Tidak hanya manusia yang menyenangi cuaca seperti ini tetapi juga binatang seperti ular senang berkeliaran jika musim penghujan tiba. Periksa keadaan rumput di sekitar rumah.

Bila sudah tampak terlalu tinggi dan lebat segera ambil peralatan memotong agar tidak ada tempat untuk ular-ular tersebut bersembunyi.

6. Perbaiki masalah listrik

Jika di rumah Anda menemukan masalah listrik seperti keluar percikan api atau colokan listrik yang korslet, segera panggil seorang teknisi untuk memperbaiki masalah-masalah tersebut.

Sangat berbahaya jika situasi ini dibiarkan terutama bila hujan besar turun karena dapat menyebabkan seseorang tersengat listrik. Agar lebih aman, Anda bisa memasang sebuah penangkal petir di rumah.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya