Cerita di Balik Kursi Rotan Akad Kahiyang - Bobby

Total kursi rotan yang dipesan sebanyak 114 kursi, 12 kursi di antaranya berwarna emas.

diperbarui 08 Nov 2017, 17:32 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2017, 17:32 WIB
Prosesi akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)
Prosesi akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com)

Solo - Perajin rotan asal Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, patut berbangga karena kursi buatan mereka dipakai dalam acara penting pernikahan putri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Kahiyang Ayu–Bobby Nasution.

Total ada 114 kursi rotan dipakai untuk mempelai pengantin dan keluarga, termasuk saksi dan tamu undangan VIP saat prosesi ijab kabul. Kursi rotan buatan perajin asal Trangsan, Gatak, Sukoharjo, terlihat mencolok. Warna emas menjadi pembeda dalam acara pernikahan Kahiyang–Bobby.

Putra tertua Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kursi rotan sengaja dipakai dalam pesta pernikahan Kahiyang–Bobby. Kursi rotan tersebut merupakan produk asli Indonesia, khususnya dari perajin asal Trangsan, Gatak, Sukoharjo.

"Benar pakai kursi rotan untuk acara ijab kabul. Kursi dipakai kedua mempelai, keluarga, dan saksi," ujar Gibran.

Kursi rotan tersebut dipesan keluarga Presiden Joko Widodo dari perajin asal Dukuh Tembungan RT 1 RW 5, Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo Sardjito. Rinciannya, sebanyak 12 kursi untuk acara ijab kabul dengan warna emas dan 102 kursi untuk tamu VIP dengan warna medium cokelat.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Selop Ukuran Spesial untuk Jan Ethes

Selop Ukuran Spesial untuk Jan Ethes di Pernikahan Kahiyang Ayu
Jan Ethes, cucu pertama Jokowi itu tak mau ketinggalan menyambut hebohnya pernikahan sang tante, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Pernak-pernik untuk pelengkap busana pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution satu per satu terungkap. Salah satunya adalah selop. Keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memesan delapan pasang selop di salah satu UKM Solo, Jawa Tengah. Delapan pasang itu termasuk selop untuk Jan Ethes, cucu pertama Jokowi.

Pasangan Agustinus Lasmono dan Miasih adalah sosok yang membuat selop itu. Mereka memiliki bengkel pembuatan selop Winna yang tempatnya tak jauh dengan Terminal Tirtonadi, Solo. Pasangan ini sudah merintis usaha tersebut sejak 1989.

"Pesannya sekitar sebulan lalu. Jadi yang pesan dari desainernya (Hanif Nanjaya dan Doddy Nanjaya). Kalau mereka ada pesanan kebaya, selopnya pasti pesan di sini," ujar Lasmono di bengkel pembuatan selop miliknya, Senin (6/11/2017).

Delapan selop itu diperuntukkan bagi keluarga Presiden Jokowi, termasuk sang mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Satu hal yang menarik perhatian adalah selop milik Jan Ethes, cucu pertama Joko Widodo.

Serupa dengan selop dewasa, selop milik Jan Ethes yang berukuran nomor 17 menggunakan bahan kulit. Namun, selop buaya itu ada tali di belakangnya. Jika dipasangi tali, selop itu layaknya sepatu sandal selop.

Bagi Lasmono dan Miasih, sebenarnya pesanan kali ini bukan yang pertama. Ia beberapa kali pernah dipesan Gibran Rakabuming untuk membuat selop Jan Ethes. "Kalau Mas Gibran ada acara dan butuh selop, pasti ke sini," ujar Lasmono.

Bahkan, Jan Ethes sudah mengenakan selop itu sejak berumur dua bulan. Dengan bertambahnya usia, ukuran Jan Ethes semakin naik. "Ini sekarang ukurannya 17, ukurannya spesial," kata Lasmono dengan tertawa terkekeh.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya