Waspada, Kawah Gunung Bromo Ikut Keluarkan Asap Intensitas Tebal

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Bromo mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah berwarna putih sejak sore.

oleh Azwar Anas diperbarui 27 Nov 2017, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Nov 2017, 18:30 WIB
Gunung Bromo
Gunung Bromo (Foto: twitter @Sutopo_BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Bromo yang sudah ditetapkan berstatus Waspada sejak tahun 2016 silam kembali menunjukkan aktivitasnya. Kali ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memantau, Gunung Bromo mengeluarkan asap dengan intensitas tebal di atas kawah.

Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Gunung Bromo mengeluarkan asap kawah bertekanan lemah berwarna putih sejak Senin sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB.

"Intensitas tebal dan tinggi 50-600 meter di atas puncak kawah," tulis Sutopo di akun Twitter resminya, Senin (27/11/2017).

Ia mengatakan, berbarengan dengan munculnya asap berintensitas tebal, terekam pula gempa tremor secara terus-menerus. Aktivitas kegempaan terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm).

"Statusnya Waspada (level 2)," tulis Sutopo.

 

Sementara itu, berdasarkan laman resmi Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, status Waspada Gunung Bromo telah ditetapkan sejak, 20 Oktober 2016.

Sampai saat ini, BPNB akan terus memantau perkembangan aktivitas gunung aktif yang terletak di empat kabupaten di Jawa Timur. Terlebih, Gunung Agung sudah menunjukkan aktivitas erupsi, ditambah Gunung Sinabung yang masih berstatus Awas. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya