Demi PPKM Level 1, Komunitas di Pekanbaru Turun Tangan Bantu Percepat Vaksinasi Covid-19

Insan Putera Pekanbaru melakukan vaksinasi massal dengan target warga lansia agar penerapan PPKM level 1 di Pekanbaru segera terlaksana.

oleh M Syukur diperbarui 09 Nov 2021, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2021, 06:00 WIB
Pemberian vaksin Covid-19 kepada warga lansia di Pekanbaru.
Pemberian vaksin Covid-19 kepada warga lansia di Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Sejumlah komunitas di Pekanbaru terus berikhitiar menciptakan kekebalan kelompok terhadap penyebaran Covid-19. Tidak hanya oleh pengusaha, paguyuban juga turut serta seperti yang dilakukan oleh Insan Putera Pekanbaru (IPP).

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pekanbaru, capaian vaksinasi massal di Pekanbaru sudah 73 persen dari jumlah penduduk yang menjadi target. Namun ini belum membuat ibu kota Provinsi Riau berada pada PPKM level 1.

Beberapa penyebabnya adalah capaian vaksinasi massal warga lanjut usia atau lansia yang belum tercapai. Kemudian pelacakan yang belum maksimal meskipun kasus harian Covid-19 sangat jauh turunnya dari beberapa bulan lalu.

Beberapa hari terakhir, pasien baru Covid-19 tidak pernah lebih dari lima. Angka kesembuhan juga tinggi sehingga membuat rumah sakit ataupun lokasi isolasi terpadu mulai sepi.

Adapun vaksinasi massal oleh IPP ini target utamanya adalah lansia. Selain itu juga diperbolehkan karena antusiasme masyarakat saat ini sangat tinggi untuk memperoleh vaksin Covid-19.

Vaksin ini dilakukan di Lama Tuan Kadi, Kecamatan Senapelan. Akan dilanjutkan kembali pada dosis kedua pada 25 November nanti untuk 500 warga.

Peserta vaksin Covid-19 kian semangat dengan kehadiran Kepala Polres Pekanbaru Komisaris Besar Pria Budi SIK. Bagi warga di sana, Pria tidak asing karena kelahiran Pekanbaru dan sangat tahu seluk beluk Senapelan.

"Terima kasih kepada Kapolres yang telah memfasilitasi kegiatan ini, mulai dari penyediaan vaksin hingga tenaga kesehatan yang melayani vaksin," kata Ketua Dewan IPP Abdul Rahman.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bisa Mendaftar ke Polsek

Tak hanya Kapolres, Abdul juga bangga dengan warga yang sangat antusias mengikuti vaksinasi massal. Dia menyebut ini bukti semangat warga agar Pekanbaru bisa menerapkan PPKM level 1 dan penyebaran Covid-19 tidak ada lagi.

"Harapan vaksinasi adalah herd immunity sehingga Pekanbaru terbebas dari Covid-19," kata Abdul.

Sementara itu, Pria Budi menyebut vaksinasi massal merupakan usaha. Setelah menerima vaksin, masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pria mengatakan, Polresta Pekanbaru sudah menjadikan setiap Polsek sebagai fasilitator vaksin. Warga setiap hari bisa datang ke Polsek dan akan ditentukan di mana lokasi mendapatkan vaksin.

"Mudah-mudahan kekebalan tubuh kita terbangun dengan baik sehingga kita tidak mudah untuk terpapar Covid-19," imbuh Pria.

Terpisah, Sekretaris Jenderal IPP Indrawansyah Nong, dari target 500 warga saat kegiatan baru terlaksana 412 orang. Pasalnya ada yang datang terlambat sehingga sisanya diarahkan ke klinik Polresta Pekanbaru.

"Tetap dilayani sehingga targetnya tercapai," ucap Indra.

Tanggal 28 November 2021 nanti, Indra menghimbau masyarakat agar datang ke Gedung IPP. Akan dilakukan pemberian dosis kedua yang merupakan rangkaian memeriahkan hari jadi ke 66 IPP.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya