Tips Skripsi Beres Tanpa Stres

Berikut ini tips menuntaskan skripsi dengan tetap gembira.

oleh Liputan6dotcom diperbarui 10 Sep 2022, 10:57 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2022, 01:10 WIB
Ilustrasi mengerjakan skripsi
Ilustrasi mengerjakan skripsi. (Photo created by storyset on www.freepik.com)

 

Liputan6.com, Jakarta - Menuntaskan skripsi adalah tantangan bagi mahasiswa akhir. Ini tidak mudah. Mulai dari menetapkan topik penelitian, mencari dosen pembimbing, menghubungi narasumber, mengumpulkan data hingga mengolah dan menuliskannya.

Banyak mahasiswa yang khawatir dan stres saat mengerjakan skripsi. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan agar saat mengerjakan skripsi tetap menyenangkan.

Buat jadwal untuk mengerjakan skripsi dan istirahat

Bisa jadi kamu merasa terbebani jika harus mengerjakan skripsi dalam jangka waktu yang lama, misalnya berbulan-bulan. Supaya terasa ringan, akan lebih baik jika kamu membuat jadwal sebelum mulai mengerjakan skripsi.

Sebagai contoh, jadwalkan penulisan skripsi selama 45 menit kemudian beristirahat selama 15 menit. Ulangi sampai tiba waktu untuk makan siang. Apabila masih belum selesai, lanjut mengerjakan skripsimu keesokan harinya.

Atur goals spesifik

Jika berpikir harus mengerjakan semua bagian skripsi dalam satu hari, kamu pasti akan mudah merasa stres. Akan lebih baik jika mencicil sedikit demi sedikit. Selain itu, kamu juga bisa menargetkan pengerjaan per bab. Dengan cara ini, mengerjakan skripsi tidak akan terasa berat.

Melakukan hobi

Ketika merasa stres, tertekan, dan jenuh saat mengerjakan skripsi, cobalah untuk melakukan hobi yang kamu sukai. Menonton film, membaca buku, bersepeda, berkebun, ataupun bermain bulutangkis, lakukan hal yang kamu suka agar kembali semangat.

Ciptakan tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi

Sebagian orang mungkin lebih suka mengerjakan skripsi di ruangan yang sepi dan menenangkan. Sebagian yang lainnya justru lebih produktif saat mengerjakan skripsi dengan iringan musik atau tambahan aroma lilin aromaterapi. Kamu sendiri yang tahu tempat yang paling nyaman untuk mengerjakan skripsi.

Berpikir positif

Cobalah untuk menjadi seseorang yang optimistis dan memiliki pandangan baik ke masa depan. Percaya pada diri sendiri bahwa kita pasti bisa menyelesaikan ini semua.

Jika terbiasa berpikir optimistis, maka otak akan otomatis merespon dengan perasaan bahagia sehingga terhindar dari rasa cemas dan stres mengerjakan skripsi. Setelah itu, kamu dapat menjalani hari dengan lebih percaya diri.

Cara paling sederhana untuk membiasakan berpikir optimistis adalah dengan menulis atau memasang wallpaper kata-kata motivasi di ponsel. Kita juga bisa memasang poster yang penuh inspirasi di dinding kamar tidur. Dengarkanlah lagu-lagu dengan nada dan lirik yang positif dan bersemangat.

(Nur Musvita Sari/Mahasiswi Fisip Unis Tangerang/ Peserta Sekopol)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya