Profesor Bora Lee Berbagi Tips Mudah Menyusun Riset dan Thesis

Program visiting profesor digelar rutin dengan menghadirkan para profesor dari berbagai negara.

oleh Edhie Prayitno IgeLiputan6.com diperbarui 05 Sep 2022, 17:47 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2022, 17:47 WIB
Bora Lee
Visiting profesor Fakultas Psikologi Undip kali ini menghadirkan Profesor Bora Lee dari Korea University. (Foto: Liputan6.com/dok.Undip)

Liputan6.com, Semarang - Prof Bora Lee dari Korea University, Korea Selatan hadir dalam program visiting professor kuliah dosen tamu mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah bertajuk Developing A Thesis Proposal for Postgraduate Students, di Fakultas Psikologi Undip, Senin (5/9/2022).

Acara diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Undip dan Center for Career and Capacity Development Studies (CAREERS) Undip. Dibuka Dekan Fakultas Psikologi Undip Prof Dian Ratna Sawitri SPsi MSi PhD.

Prof Sawitri mengatakan, visiting profesor ini menyasar mahasiswa Psikologi yang sedang menempuh pendidikan S2. 

"Mereka yang sedang dalam fase persiapan membuat proposal tesis, dosen pembimbing tesis, serta para alumni Fakultas Psikologi Undip yang berkarir dalam bidang akademik," kata Sawitri.

Program Visiting Professor di Fakultas Psikologi Undip ini didanai oleh World Class University (WCU) Program Universitas Diponegoro 2022. Program Visiting Professor menjadi salah satu program Undip untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas alumni. Mereka yang diundang harus masuk dalam peringkat QS 100 sebagai dosen tamu.

"Prof Bora Lee merupakan dosen aktif di Department of Education, Korea University. Korea University menempati QS Ranking 74 di tahun 2022," kata Sawitri. 

Prof Bora Lee menyelesaikan gelar Ph.D nya di Pennsylvania State University pada tahun 2008–2013. Ia aktif sebagai research assistant sejak tahun 2004 hingga 2011 dan telah menyelesaikan Postdoctoral Scholar pada bulan Juli 2013–Mei 2015. 

Fokus penelitian Prof Bora Lee adalah pada perkembangan karier individu dalam konteks keluarga, sekolah, tempat kerja dan lingkungan sosial budaya yang lebih luas.

Lebih lanjut Prof Sawitri memberikan gambaran pentingnya ekplorasi terhadap literatur, proses mencatat poin-poin penting hasil riset, gap yang ditemukan, apa yang akan dilakukan, pada saat membaca artikel jurnal, dengan menuliskan sumber referensi sesuai tata tulis yang berlaku, serta pentingnya mendapatkan umpan balik dari dosen pembimbing maupun rekan sejawat.

Dalam sesi diskusi, Prof Bora Lee menyebutkan pentingnya menuangkan ide dalam paragraf dan membuat paragraf yang ditulis koheren. Kegiatan selanjutnya Bersama Prof. Bora Lee akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2022 berupa Workshop Publikasi Ilmiah dengan tema “Planning and Managing Research Project in Career Development Area."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya