Sudah Masuk Musim Hujan, Kebakaran Hutan Masih Hantui Kotawaringin

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda Desa Natai Baru, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Meskipun sempat padam pada Senin (02/01/2023) sore kemarin, namun api kembali muncul pada Selasa (03/01/2023) siang.

oleh Marifka Wahyu Hidayat diperbarui 04 Jan 2023, 19:23 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2023, 19:00 WIB
Operasi pemadaman karhutla di Riau oleh tim darat.
Dok. Liputan6.com/M Syukur

Liputan6.com, Palangka Raya Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda Desa Natai Baru, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng). Meskipun sempat padam pada Senin (02/01/2023) sore kemarin, tetapi api kembali muncul pada Selasa (03/01/2023) siang.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Kotawaringin Barat, Martogi Sialaga membenarkan informasi tersebut. Pihaknya langsung bergerak untuk menjinakkan si jago merah agar kebakaran tak meluas.

"Kemarin memang sudah padam, tetapi siang ini api muncul kembali dan tim sudah bergerak di lokasi," ujar Martogi Sialaga.

Sebanyak 15 personel dari BPBD Kotawaringin Barat dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. Beruntungnya, pemadaman kali ini, para personel dibantu hujan deras yang melanda wilayah tersebut.

"Bersyukurnya saat ini hujan deras di lokasi, mudah-mudahan bisa cepat padam," ungkap Martogi Sialaga.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala BPBD Provinsi Kalteng Falery Tuwan. Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengajak untuk berperan aktif dalam mencegah karhutla.

Pasalnya, potensi terjadinya karhutla di Kalteng masih sangat mungkin terjadi, meskipun sudah masuk musim penghujan.

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, jangan membuang putung rokok sembarangan ataupun hal lain yang memicu timbulnya api," tambah Falery Tuwan.

Petugas BPBD Kotawaringin Barat jjuga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, untuk meminta keterangan para pemilik lahan guna mencari penyebab kebakaran tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya