7 Kuliner Khas Kalimantan Timur Produk Akulturasi Dayak dan Kutai

Berikut kuliner Kalimantan Timur yang patut dicoba saat berkunjung.

oleh Tifani diperbarui 03 Feb 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 03 Feb 2023, 06:00 WIB
Kuliner Kalimantan Timur
Sambal Raja Kutai, salah satu sajian khas Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (dok. Instagram @yulianamenjoi/https://www.instagram.com/p/B08a9XMF3OF/)

Liputan6.com, Pontianak - Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Terkenal akan produksi gula kelapa dan songket yang sudah menembus pasar internasional, Kalimantan Timur juga kaya akan khazanah kuliner yang khas.

Kuliner Kalimantan Timur terkenal memiliki cita rasa yang nampol. Alkulturasi Suku Dayak dan Kutai di sini berhasil menciptakan kuliner khas Kalimantan Timur yang pantang dilewatkan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kuliner Kalimantan Timur yang patut dicoba saat berkunjung.

1. Sate Payau

Sate payau menjadi salah satu kuliner khas Kalimantan Timur yang langka. Tidak seperti satai pada umumnya, kuliner khas ini mengggunakan daging rusa hasil buruan.

Sate payau sangat khas karena memiliki cita rasa manis dan gurih. Selain itu tekstur satai ini juga lebih lembut, dibanding yang lainnya.

Kini, sate payau hanya dapat ditemukan saat acara-acara tertentu, seperti pesta rakyat, upacara adat, atau festival kesenian.

2. Nasi Bekepor

Nasi bakepor merupakan kuliner khas Kalimantan Barat warisan Kerjaan Kutai Kertanegara. Nasi bekepor adalah nasi liwet yang dipadukan dengan minyak sayur aneka bumbu rempah khas dan ikan asin.

Nasi bekepor biasanya disantap dengan menggunakan ikan asin, kemangi, cabai, dan jeruk nipis. Nasi bekepor biasanya juga bisa dihidangkan bersama dengan daging masak bumi hangus atau sayuran gangan asam khas Kutai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


3. Daging Masak Bumi Hangus

Daging masak bumi hangus adalah kuliner khas Kalimantan Timur selanjutnya. Kuliner ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kecap.

Daging dimasak dengan durasi waktu yang cukup lama sampai berwarna kehitaman. Daging masak bumi hangus juga merupakan makanan yang kental dengan rempah yang khas dari Kalimantan Timur.

4. Sambal Raja

Sambal raja adalah makanan pendamping makanan utama yang khas dan memiliki rasa unik. Seperti namanya, sambal raja ini dulunya merupakan hidangan yang hanya dinikmati oleh para raja.

Di dalam sambal raja, terdapat kacang panjang, terong ungu, irisan bawang merah dan lain sebagainya.

5. Sayur Gangan Asam

Sayur gangan asam merupakan sejenis sayur yang terbuat dari bahan kepala ikan gabus. Di dalam sayur gangan asam kutai ini terdapat potongan kangkung, talas, dan jantung pisang.

Kuliner khas Kalimantan Timur ini sangat cocok dinikmati dengan nasi panas sebagai menu utama.

6. Roba Ruan

Roba ruan merupakan makanan khas Kalimantan Timur yang populer. Roba ruan merupakan makanan sejenis abon yang dibuat dengan menggunakan olahan ikan gabus.

Roba ruan biasanya disantap dicampur dengan nasi hangat sebagai lauk. Orang-orang Kalimantan Timur biasa menyantapnya sebagai menu buka puasa.

7. Sambal Gami Udang

Sambal gami udang berasal dari Bontang, kota di pesisir Kalimantan Timur. Sambal gami udang diolah dengan cara digoreng.

Pertama-tama, bumbu-bumbu dipotong, sedangkan cabai bisa diulek. Setelah itu, cabai halus digoreng, barulah diberi bumbu-bumbu yang sudah dipotong kecil.

Bumbu-bumu cukup dipotong-potong supaya sambal lebih kasar. Sambal gami bisa dipadukan dengan beragam jenis ikan laut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya