6 Kuliner Ramadan Khas Madura, Cocok untuk Buka Puasa

Berikut kuliner Ramadan Madura yang cocok untuk berbuka puasa

oleh Tifani diperbarui 16 Mar 2023, 17:00 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 17:00 WIB
Nasi Serpang
Nasi Serpang (sumber: visitmadura)

Liputan6.com, Madura - Madura terkenal memiliki ragam kuliner khas yang siap memanjakan lidah. Ada banyak kuliner Madura yang terkenal memiliki cita rasa yang lezat, seperti olahan satai, gulai, hingga rujak yang khas.

Tidak hanya itu keragaman kuliner Madura semakin terasa lengkap dan menarik jelang bulan Ramadan seperti saat ini. Ada banyak kuliner Ramadan khas Madura yang menjadi ciri khas kemeriahan menyambut Ramadan di Madura.

Aneka kuliner Ramadan khas Madura ini juga cocok menjadi menu berbuka puasa.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kuliner Ramadan Madura yang cocok untuk berbuka puasa.

1. Nasi Serpang

Nasi serpang merupakan makanan khas Madura yang cukup populer. Makanan khas ini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai macam lauk pauk, seperti tumis kerang pedas, pepes ikan, soun kecap, telur asin, hingga dendeng sapi Madura.

Kuliner Ramadan khas Madura ini memiliki sebuah keunikan tersendiri, yakni tidak ada sayuran di dalamnya. Selain itu, ciri khas nasi serpang terdapat pada sambal terasinya yang memiliki tekstur kasar.

2. Satai Madura

Kuliner khas Madura selalu identik dengan satai atau sate khas Madura. Ada beragam satai yang dijajakan di Madura, mulai dari satai kambing, dan ayam.

Ciri khas satai Madura adalah tidak selalu menggunakan saus kacang dalam penyajiannya. Kadang kala, penjual satai Madura yang autentik menggunakan saus kemiri.

Satai Madura dapat dinikmati bersama dengan nasi hangat maupun lontong. Tidak lupa petis dan potongan cabai sebagai pelengkap kuliner khas ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Kaldu Kokot

3. Kaldu Kokot

Kuliner Ramadan khas Madura selanjutnya adalah kaldu kokot. Sup khas Madura ni menggunakat kokot atau kulit sapi yang dicampur jeroan sebagai bahan utamanya.

Potongan kulit sapi dan jeroan yang sudah dipotong-potong kemudian direbus bersama kacang hijau dan rempah-rempah lainnya. Setelah empuk, kaldu kokot dapat disajikan panas-panas.

Umumnya, seporsi kaldu kokot disajikan bersama singkong goreng atau kukus.

4. Topak Ladeh

Topak ladeh menjadi salah satu menu buka puasa yang menjadi favorit masyarakat Madura. Kuliner ini merupakan sejenis sup yang menggunakan betis sapi sebagai bahan utamanya.

Betis sapi dan dagingnya dimasak menggunakan sejumlah bumbu seperti pala, daun jeruk, lengkuas, dan kayu manis. Topak ladeh disajikan bersama dengan ketupat, kacang panjang, dan kerupuk.

5. Bubur Manggul

Kuliner Ramadan khas Madura ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Kemudian ditambahkan aneka bumbu seperti salam, bawang-bawangan, kemiri, cabai, kunyit dan masih banyak lagi.

Bubur manggul disajikan bersama dengan lontong, serundeng kelapa, dan sambal goreng ati. Soal rasa, bubur manggul memiliki cita rasa gurih dan pedas.

6. Tajin Sobih

Tajin sobih atau bubu sobih merupakan kudapan khas Ramadan dari Madura. Makanan tradisional ini memiliki cita rasa manis dengan berbagai macam isian. Ada 4 jenis isian dalam tajin sobin, mulai dari bubur putih yang terbuat dari tepung beras, bubur mutiara, bubur lonjong coklat dan bulatan yang terbuat dari tepung kanji.

Semua isian tajin sobih kemudian disiram dengan air gula jawa dan kuah santan. Kudapan manis ini menjadi salah satu menu buka puasa paling populer di Madura.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya