Legenda Urban Penunggu di Pintu Air Jagir Surabaya, Pendatang Harus Sopan

Legenda urban ini sebenarnya sudah tersebar sejak 1980-an.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 05 Mei 2023, 02:00 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2023, 02:00 WIB
(Foto: SuaraSurabaya.net)
Pintu Air Jagir, Surabaya (Foto:SuaraSurabaya.net)

Liputan6.com, Surabaya - Pintu Air Jagir berada di Jalan Wonokromo Nomor 74, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Bangunan peninggalan Belanda ini konon memiliki cerita mistis yang sudah menjadi rahasia umum bagi warga Kota Surabaya.

Bangunan ini masih berdiri kokoh. Pintu air ini juga masih berfungsi dengan baik, yakni berfungsi mengatur debit air untuk mengantisipasi banjir.

Mengutip dari berbagai sumber, beberapa waktu lalu ada korban tenggelam di lokasi ini. Kejadian semacam ini ternyata bukan pertama kali terjadi.

Hal ini membuat isu-isu tentang sosok tak kasatmata di lokasi ini semakin berkembang. Sosok makhluk besar tersebut dianggap sebagai penunggu Pintu Air Jagir.

Legenda urban ini sebenarnya sudah tersebar sejak 1980-an. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, warga kerap melihat sosok buaya putih yang dipercaya tinggal di Pintu Air Jagir.

Sebagian orang juga percaya jika makhluk-makhluk di tempat itu mengganggu pendatang baru yang tidak sopan. Jadi, ketika berada di bangunan itu wajib menjaga perilaku sopan santun.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya