Tegaskan Jangan Ada Karhutla, Kapolda Riau: Jika Tak Mampu Jadi Kapolres, Saya Usulkan Diganti

Kepala Polda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengingatkan Kapolres agar bertindak cepat mengatasi kebakaran hutan dan lahan di daerah masing-masing.

oleh M Syukur diperbarui 19 Jul 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2023, 05:00 WIB
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal.
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal melantik sejumlah pejabat utama dan Kapolres baru di Bumi Lancang Kuning. Terkhusus Kapolres yang baru, misalnya di Kota Dumai, Iqbal mengingatkan tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Tidak ada karhutla, saya minta kepada mereka (para Kapolres) tidak ada karhutla," kata Iqbal, Selasa siang, 18 Juli 2023.

Kalau ada karhutla, tambah Iqbal, dia memerintahkan jangan sampai menimbulkan bencana kabut asap. "Langit tetap biru," katanya.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini memerintahkan Kapolres, baik yang lama ataupun yang baru, mengatasinya secepat mungkin. Para Kapolres diminta melakukan serangkaian tindakan dengan berkolaborasi bersama pihak terkait.

"Sembari pemadaman, lakukan penyelidikan, tegakkan hukum," tegas Iqbal.

Jika nantinya ada karhutla dalam skala besar, Iqbal menyatakan segera melakukan evaluasi terhadap Kapolres yang ada titik api.

"Hitungan hari, bila perlu hitungan jam, jika tidak mampu jadi Kapolres, saya akan usulkan segera diganti," kata Iqbal.

 


Hal Biasa

Di sisi lain, Iqbal menjelaskan, pergantian pejabat di Polri merupakan hal biasa. Hal itu dalam rangka tour of duty sekaligus penyegaran organisasi.

Iqbal merasa bahagia dan bangga karena semua pejabat yang dimutasi mendapatkan promosi. Sebut saja Komisaris Besar Nandang Mu'min Wijaya yang sebelumnya menjabat Kabid Humas dimutasi ke Humas Mabes Polri.

"(Mantan) Kabid Humas (Nandang) naik jabatan dari Komisaris Besar B3 menjadi Komisaris B2 karena yang bersangkutan sudah sekolah," jelas Iqbal.

Komisaris Besar Nandang Mu'min Wijaya terbilang singkat menjadi Kabid Humas Polda Riau. Mantan Kapolresta Pekanbaru itu menjabat kurang dari 3 bulan, termasuk paling singkat di sejarah Polda Riau.

Meski singkat, Iqbal memuji kinerja Komisaris Besar Nandang. Selama jabatan singkat itu, Nandang menjalan tugas dengan baik.

"Selama 3 bulan ini padat betul tour of duty sehingga menjadi bekal bagi petinggi Humas lainnya," ujar Iqbal.

Sebagai penggantinya, Komisaris Besar Nandang akan digantikan oleh Komisaris Besar Hery Murwono.

 


Selamat Datang

Selain Kabid Humas, pergantian juga terjadi di Bidang Profesi dan Pengamanan, Direktur Sabhara dan Wakil Direktur Lalu Lintas.

Sementara Kapolres yang berganti ada di Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar.

Iqbal mengucapkan selama kepada yang mutasi dan promosi. Mereka yang berganti didoakan sukses di tempat yang baru sementara kepada yang datang diucapkan selamat datang.

"Yang baru dapat menyesuaikan, tidak ada gigi satu langsung jos, tidak menunggu lama segera memahami daerah masing-masing," imbuh Iqbal.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya