Kisah Haru Siswa SMA di Madura Pakai Celana Kebesaran, Ternyata Punya Sang Kakak

Di sekolah ini, siswa bisa mencicil seragam atau pakai seragam bekas.

oleh Musthofa Aldo diperbarui 26 Jul 2023, 13:00 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2023, 13:00 WIB
SMAN 4 Bangkalan
SMA Negeri 4 Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Liputan6.com, Bangkalan - Saat berkunjung ke SMA Negeri 4 Kabupaten Bangkalan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Bangkalan, Pinky Hidayati, mendapati seorang murid baru memakai seragam celana kebesaran.

Dari kain yang menumpuk di bagian pinggang setelah dikencangkan dengan ikat pinggang, kentara sekali celana yang dipakai siswa bernama Jaelani itu tidak sesuai ukuran badannya yang kurus.

Ketika Pinki menanyakan asal muasal seragam itu, Jaelani menceritakan kisah haru di baliknya. Kata dia, celana itu adalah celana kakaknya dan baju putih atasan adalah seragam SMP yang emblemnya diubah ke SMA.

"Ini celana kakak saya, kebetulan dia punya dua, satu diberikan ke saya," Jaelani menceritakan, Selasa (25/7/2023).

Pinki yang tampak kaget dengan pengakuan itu, mengapresiasinya dengan acungan jempol karena Jaelani tidak minder meski tak memakai seragam baru.

"Tak penting seragam baru atau bekas, di sekolah yang terpenting adalah menuntut ilmu agar sukses. Bukan tempat bergaya-gaya dengan pakaian," Pinki mengatakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menengah ke Bawah

Pinki Hidayati
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Kabupaten Bangkalan, pinki Hidayati saat berkunjung ke SMAN 4 Bangkalan. Nampak sejumlah siswa memakai setelan hitam putih karena belum punya seragam.

Selain Jaelani, ada dua hingga tiga siswa lain yang tampak bersekolah memakai setelan hitam putih serta berkerudung logo SMP.

"Belum beli, jadi pakai kerudung SMP dulu dan sekolah membolehkan," Echa Putra Azzahra, salah satu siswa yang memakai kerudung SMP, berujar.

Sidak ke SMAN 4 yang dilakukan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bangkalan, Pinki Hidayati setelah dalam tiga hari terakhir beredar kabar ada sekolah yang mewajibkan siswa baru membeli kain seragam ke koperasi sekolah.

Dari sidak itu yang didapati Pinki adalah kebalikannya. Siswa dibebaskan membeli seragam di mana saja menyesuaikan kemampuan keuangan orangtua. Bahkan, memakai seragam bekas pun tak menjadi soal.

"Kalau bisa koperasi sekolah menjual seragam sama dengan di luaran atau bahkan lebih murah," dia mengatakan.

Menurut data, ada 120 siswa baru yang mendaftar ke SMA Negeri 4 pada tahun ajaran baru ini dan sebagian besar mereka berasal dari keluarga ekonomi menengah ke bawah.

Kepala SMAN 4, Hendrik Dewantara yakin jika sekolahnya membuat kebijakan yang memberatkan termasuk soal seragam, jumlah siswa baru yang mendaftar tak akan mencapai angka itu.

Dan ketika melihat latar belakang ekonomi para siswa baru, Hendrik justru membuat kebijakan yang meringankan yaitu siswa yang membeli seragam di koperasi sekolah boleh mencicil pembayarannya.

"Karena bukan sekolah favorit, kami ini sangat butuh siswa. Jangankan buat aturan yang memberatkan, Mereka mau sekolah di sini saja, kami senang," Hendrik menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya