Ingatkan Potensi Bahaya Kebakaran, Buku “Firestopping Pada Bangunan” Diluncurkan

Hilti Nusantara, perusahaan yang bergerak pada solusi keamanan terhadap bahaya kebakaran, mengumumkan peluncuran buku "Firestopping Pada Bangunan", Rabu (2/8/2023).

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2023, 10:21 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2023, 07:07 WIB
Peluncuran Buku "Firestopping Pada Bangunan"
Peluncuran buku "Firestopping Pada Bangunan" di Kampus Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023). (Liputan6.com/ist)

Liputan6.com, Depok - Kebakaran di dalam bangunan dapat memiliki konsekuensi yang mengerikan, menyebabkan hilangnya nyawa, kerusakan properti, dan kesulitan ekonomi. Mengingat pentingnya keselamatan dari bahaya kebakaran bagi industri konstruksi dan masyarakat luas, PT Hilti Nusantara, perusahaan yang bergerak pada solusi keamanan terhadap bahaya kebakaran, mengumumkan peluncuran buku "Firestopping Pada Bangunan" di Kampus Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu (2/8/2023).

Salah satu penulis buku "Firestopping Pada Bangunan" sekaligus Fire Engineering Professor Universitas Indonesia, Prof Yulianto S Nugroho menjelaskan latar belakang penyusunan buku yang telah tersedia gratis tersebut bersama Codes & Approval Manager Hitli, Dana Lutfi.

Yulianto yang juga merupakan dosen Fakultas Teknik di Departemen Teknik Mesin, mengungkapkan bahwa dirinya banyak membahas mengenai pentingnya aspek keselamatan kebakaran menjadi kajian ilmiah dan menjadi bagian kurikulum maupun dari kegiatan riset oleh mahasiswa. Terkait dengan hal tersebut, lanjut dia, tentu pihaknya membutuhkan banyak referensi karena aspek firestopping relatif masih terbatas di Indonesia.

"Oleh karena itu, kami ketika berdiskusi dengan Mas Dana dan Ibu Kamalika itu kita mencoba menghadirkan sebuah buku yang relatif mudah dicerna begitu, karena yang kita harapkan itu adanya awareness masyarakat, baik itu mulai dari sisi perencana yang membangun atau kontraktor maupun nanti dari para pengambil kebijakan maupun teman-teman dari Dinas Pemadam Kebakaran, dan juga termasuk rekan mahasiswa maupun dosen barangkali yang tertarik di bidang ini," ungkap Yulianto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kompartementalisasi

Sementara itu Dana Lutfi menambahkan bahwa buku tersebut membahas secara teknis mengenai sistem proteksi kebakaran pasif dengan memberikan kemampuan kepada bangunan agar bisa menahan api dan asap dengan melakukan kompartementalisasi.

"Jadi buku ini akan memberikan semacam informasi kepada khalayak umum dan juga kepada praktisi di bidang bangunan dan konstruksi supaya memang lebih banyak orang lebih mementingkan proteksi kebakaran pada bangunan gedung," tambahnya. Dengan diluncurkan buku "Firestopping Pada Bangunan" Dana berharap akan semakin banyak diskusi mengenai proteksi pasif dan bisa berkontribusi untuk bisa maju ke level berikutnya.

Sementara itu, Kepala Subkelompok Pengawasan Keselamatan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, Harfan Sakti dan Konsultan teknik keselamatan kebakaran, Fahri Ali Imran yang turut hadir dalam peluncuran dan diskusi panel mengapresiasi dan mengaku terbantu atas diluncurkannya buku yang tersedia dalam format cetak maupun digital tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya