Foto Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara

Pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara ini berjalan dengan khidmat dengan diikuti seluruh lapisan masyarakat

oleh Apriyanto diperbarui 17 Agu 2023, 22:37 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 11:36 WIB
Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka terlihat percaya diri mendapat tugas mengibarkan bendera Merah Putih perdana di IKN dalam upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 di IKN Nusantara. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Liputan6.com, Penajam Upacara bendera memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi salah satu kegiatan utama yang sakral untuk dilakukan dalam mengenang perjuangan dan jasa pejuang yang telah berhasil merebut kemerdekaan dari penjajah. Salah satunya upacara bendera di IKN Nusantara di Kalimantan Timur yang digelar perdana. 

Pembangunan IKN Nusantara sebagai ibu kota negara baru menjadi salah satu langkah strategis memastikan Indonesia muncul sebagai negara maju yang diakui dunia. 


Kepala Otorita

Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Suasana jalannya upacara di IKN Nusantara berlangsung khidmat diikuti sejumlah elemen masyarakat dan kepala Otorita Ibu Kota Nusantara. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Jalannya pelaksanaan upacara bendera di IKN berlangsung khidmat. Pada pelaksanan upacara ini Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono bertindak sebagai inspektur upacara. Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten PPU Hartono Basuki bertugas membacakan naskah Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 


Pemimpin Upacara

Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Suasana upacara bendera peringatan HUT ke-78 RI di IKN berlangsung khidmat dipimpin oleh Danramil 0913-04/ Sepaku Kapten Inf Andi Supratikto

Danramil 0913-04/ Sepaku Kapten Inf Andi Supratikto dipercaya sebagai komandan yang bertugas memimpin jalannya upacara bendera di IKN. Sementara itu, anggota Koramil Sepaku Peltu Bambang bertindak sebagai perwira upacara. 


Suasana Upacara

Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Suasana khidmat pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus perdana di IKN. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Upacara bendera perdana tersebut dihadiri Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, upacara perdana tersebut merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah membangun masa depan Indonesia.

Komitmen tersebut, katanya, dalam membangun masa depan Indonesia. Mulai dari kesejahteraan ekonomi, hingga mencapai emisi nol bersih dan inklusifitas bersatu padu.

 


Paskibraka

Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Tim Paskibraka dengan sikap siap dan sempurna mengawal kelancaran jalannya upacara bendera di IKN Nusantara. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Terlihat sikap siap petugas pengibar bendera pusaka di Ibu Kota Nusantara saat mengikuti upacara bendera 17 Agustus. Tercatat ada 15 anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih. Mereka sebagian besar adalah pelajar di Pejanam Paser Utara Kalimantan Timur. 

Dari 15 paskibraka itu, lima diantaranya adalah perempuan yakni Fitriya Ramadani dari SMKN 1 PPU, Atita Rena Dwipuspitasari dari SMAN 4 PPU dan Alisah Putri dari SMAN 4 PPU. Sementara dua petugas paskibraka perempuan yang lain yakni Anisa Kirniati alumni SMAN 1 PPU, dan Cessy Bunga Putri alumni SMAN 1 PPU. 

 


Indonesia Emas

Suasana Khidmat Pelaksanaan Upacara Bendera di IKN Nusantara
Inspektur Upacara Bambang Susantono berjalan menuju Komandan Upacara Kapten Inf Andi Supratikto hendak memberi salam atas kelancaran upacara bendera di IKN Nusantara. Foto (Liputan6.com / Apriyanto)

Dalam memperingati HUT ke-78 RI, Kadin Indonesia mengajak masyarakat mewujudkan cita-cita bersama Indonesia Emas 2045 melalui kolaborasi yang inklusif dan berkelanjutan. Menurut Ketua Kadin Arsjad Rasjid, Indonesia memiliki banyak potensi untuk bisa lepas dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap) dan menjadi negara maju.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya