Mencicipi Nasi Ayam Bakar Iloni Khas Gorontalo Bercita Rasa Santan

Dilihat dari bentuknya, nasi ayam Iloni sepintas tidak berbeda jauh dengan nasi ayam bakar pada umumnya. Perbedaannya terletak pada bumbus khas yang dipadu santan sebelum dibakar.

oleh Arfandi Ibrahim diperbarui 31 Okt 2023, 06:00 WIB
Diterbitkan 31 Okt 2023, 06:00 WIB
Ayam iloni Gorontalo
Sajian kuliner tradisional Gorontalo ini pas dihadirkan sebagai olahan ayam untuk acara istimewa. Foto:ist (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Berkumpul bersama keluarga dan kerabat memang menjadi momen berharga di kehidupan sehari-hari. Apalagi, saat berkumpul, kita dihidangkan dengan makanan enak yang khas dan menggugah selera.

Bagi warga Provinsi Gorontalo, ada rekomendasi menu enak yang bisa disantap saat bersama keluarga. Namanya, nasi ayam bakar Iloni. Saking enaknya, makanan ini begitu populer di kalangan masyarakat Gorontalo.

Dilihat dari bentuknya, nasi ayam Iloni sepintas tidak berbeda jauh dengan nasi ayam bakar pada umumnya. Perbedaannya, terletak pada bumbu khas yang dipadu santan sebelum dibakar.

Racikan bumbu memang menjadi ciri khas dari Ayam Iloni. Bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, rica, kemiri, jahe, kunyit,  daun serai, daun pandan, dan daun lemon ditumis, dicampurkan dengan santan kelapa asli.   

Setelah santan mengental barulah potongan daging ayam dimasukkan dan diaduk agar bumbunya meresap kedalam daging. Kemudian masuk ke proses pemanggangan. Usai warnanya berubah kecokelatan, itu pertanda ayam telah cukup matang, potongan ayam bagian atas kembali dilumuri dengan bumbu santan.

"Ayam iloni itu rasa gurih dari bumbu santannya. Bagi yang suka pedas tinggal cabainya diperbanyak," kata Arni Harun, salah satu warga Gorontalo yang doyan dengan kuliner Nasi Ayam Iloni.

Bagi orang luar daerah yang berkunjung ke Gorontalo, mencoba menu ayam iloni adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Makanan tradisional Gorontalo ini, banyak ditemukan di hampir seluruh rumah makan Gorontalo.

"Banyak ditemukan makanan ini, jadi tidak perlu khawatir jika datang di Gorontalo hanya untuk mencicipi makanan nasi ayam iloni," tutrunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makanan Paling Dicari

Nasi ayam iloni
Kuliner nasi ayam iloni khas Gorontalo yang cocok dimaakan bersama keluarga (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Sementara itu, Sarjan warga Sulawesi Tengah bilang, jika nasi ayam iloni tidak ada duanya. Rasanya yang gurih membuat makanan ini paling dicari saat ke tanah serambi madinah.

"Rasanya gurih. Bayangkan, pertama nyoba langsung suka dan ketika ke Gorontalo makanan ini yang lebih dulu dicari," kata Sarjan.

"Perpaduan rempah ini yang membuat ayam iloni menjadi lezat. Apalagi kalau nasi beras pulo, pasti lebih enak lagi," katanya.

Menurutnya, menu tersebut memiliki cita rasa yang berbeda dengan olahan makanan lain. Ia bahkan bisa menghabiskan satu potong ayam iloni yang lebih banyak cabai agar sensasi pedasnya terasa.

"Iloninya enak, saya suka yang pedas. Makan sambil berkeringat itu yang luar biasa ketika makan makanan Gorontalo ini," ia menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya