Cerita Kanina Ramadhina di Aquabike World Championship 2023: Suasana Danau Toba Enak Banget

Gelaran Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba secara resmi digelar. Pada Kategori Endurance, pembalap perempuan dari Tim Indonesia yang diturunkan, yaitu Kanina Ramadhina.

oleh Reza Efendi diperbarui 23 Nov 2023, 22:02 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2023, 22:01 WIB
Kanina Ramadhina
Kanina Ramadhina, pembalap perempuan dari Tim Indonesia di Aquabike World Championship 2023 Danau Toba (Reza Efendi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Samosir Gelaran Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba secara resmi digelar. Pada Kategori Endurance, pembalap perempuan dari Tim Indonesia yang diturunkan, yaitu Kanina Ramadhina.

Saat ditemui Liputan6.com, Kamis (23/11/2023), di paddock yang berada di Samosir, Kanina menceritakan pengalaman pertamanya mengikuti kejuaraan dunia jetski kali ini, apalagi diselenggarakan di Indonesia.

"Senang bisa berpartisipasi di lomba ini, apalagi World Championship, dan baru pertama kali ikut," ucapnya.

Lebih senang lagi, ungkap Kanina, kejuaraan ini diselenggarakan di Danau Toba. Diakui wanita asal Jakarta ini, dirinya juga baru pertama kali ke Danau Toba.

"Kita tiba di Danau Toba pada Selasa, 22 November 2023. Baru pertama balapan di danau dan Danau Toba, pemandangannya bagus. Sebelumnya belum pernah ke Danau Toba, ini pertama kali," ungkapnya.

Dimintai pandangan tentang Danau Toba, Kanina mengakui salah satu venue terbaik selama dirinya ikut lomba. Sebelumnya menurut Kanina yang paling bagus di Sulawesi, ternyata ada yang paling bagus lagi, yaitu Danau Toba.

"Enaknya, suasana di danau beda banget sama di pantai, di laut. Kalau di pantai kita lomba panas-panasan. Di sini enak banget, sejuk, airnya dingin, suasana Danau Toba enak banget," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perbedaan Balapan di Danau dengan Pantai

Kanina Ramadhina
Kanina Ramadhina (Reza Efendi.Liputan6.com)

Disinggung mengenai perbedaan balapan di danau dengan pantai, Kanina mengakui kalau di danau lebih berat dan lebih menantang. Karena kadar airnya berbeda dengan di laut, dan lebih berefek ke jetski juga performanya.

"Iya, sangat beda (danau dengan laut). Di danau, performa jetski bisa turun," ujarnya.

Diakui Kanina juga, selama ini sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba. Dari Jakarta dirinya sudah mempersiapkan fisik melalui latihan rutin, juga mempersiapkan stamina, serta menjaga pola makan.

"Sebelumnya fokus di lomba lokal-lokal saja, sudah ke Pulau Sulawesi, Palu, Balikpapan, Samarinda, juga di Jakarta," ucap wanita 23 tahun tersebut.


Target di Aquabike World Championship 2023

Aquabike World Championship 2023 di Danau Toba
Paddock para pembalap Aquabike World Championship 2023 di Samosir (Reza Efendi/Liputan6.com)

Mengenai target, Kanina berkeinginan bisa membanggakan nama Indonesia. Tapi ternyata setelah semua persiapan dilalui, jetski yang dikendarainya bermasalah. Sebab, ini baru pertama kali jetski yang dikendarainya untuk balapan dibawa di danau.

"Ternyata ada perbedaan kadar air, dan airnya lumayan dingin, sehingga memengaruhi untuk jetski kita. Dari empat jetski yang dibawa, dua jetski bermasalah, salah satu yang bermasalah punya saya," ungkapnya lagi.

Kanina Ramadhina bersama tim sempat hendak memaksakan untuk ikut balapan hari kedua. Tapi karena masih ada masalah, Kanina tidak ikut. Berharap setelah diperbaiki, kemungkinan pada balapan hari ketiga, Jumat, 24 November 2023, bisa turun.

"Saya turun di Kelas Endurance. Kelas ini diadain selama tiga hari di tiga kabupaten berbeda. Sempat start di race pertama, ternyata baru satu lap langsung enggak bisa digas lagi, dan harus keluar lebih awal," bebernya.

"Dan hari kedua ini benar-benar enggak bisa dibawa, karena harus touring dulu. Nah, saat touring aja tadi enggak kuat, jadi enggak bisa dipaksain, dan kita persiapan untuk besok," sambungnya wanita yang sudah main jetski sejak berumur 13 tahun itu.


Target Dapat Pengalaman

Makaio Wimylie
Makaio Wimylie (Reza Efendi/Liputan6.com)

Selain Kanina, ada 3 pembalap jetski lainnya yang juga mewakili Tim Indonesia di Aquabike World Championship 2023 Danau Toba. Salah satunya adalah Makaio Wimylie.

Saat ditemui di-paddock, Makaio yang juga turun di Kategori Endurance mengaku tidak memiliki target khusus. Pria 18 tahun ini menargetkan bisa belajar dan dapat pengalaman. Kemudian tahun depan bisa ikut lagi dan lebih kompetitif.

"Dari kecil saya sudah hobi balap, kalau balap jetski sejak 2018 sampai sekarang," ucap pria asal Jakarta itu menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya