Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok Bahan Pokok di Gunungkidul Aman

Ditengah naiknya harga kebutuhan pokok jelang libur Natal dan Tahun Baru, Tim Pengendali Inflasi Daerah lakukan peninjauan harga di Pasar Argosari Wonosari Gunungkidul. meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, stok bahan pokok di Bumi Handayani dipastikan aman.

oleh Hendro diperbarui 09 Des 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 09 Des 2023, 08:00 WIB
Pemkab Gunungkiduli bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah tinjau harg pasar jelang Nataru
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY lakukan peninjauan sejumlah kebutuhan bahan pokok jelang Libur Natal dan Tahun Baru di Pasar Argosari Wonosari.

Liputan6.com, Gunungkidul Pemerintah Kabupaten Gunungkidul bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY melakukan peninjauan harga dan stok bahan pokok di Pasar Argosari Wonosari serta PT. Sido Rahayu Semanu Farm, Kamis (7/11/2023).

Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah DIY, Yuna Pancawati mengatakan, meski ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, stok bahan pokok di Bumi Handayani dipastikan aman.

"Ketersediaan bahan pokok ada dan cukup hingga hari besar keagamaan khususnya Natal dan Tahun Baru mendatang," kata Yuna kepada media di Pasar Argosari.

Pihaknya mengatakan, harga telur di pasar terbesar di Gunungkidul ini turun dari Rp. 25.000 perkilogram menjadi Rp. 23.000. Sementara untuk beras premium diharga Rp. 15.000, beras medium Rp. 12.000, gula pasir Rp. 17.000, bawang putih Rp. 30.000 dan bawang kating Rp.35.000.

"Untuk harga cabai khususnya rawit masih tinggi dipedagang ada yang menjual Rp. 100.000 dan Rp. 85.000," paparnya.

Yuna menegaskan jika dibandingkan dengan kabupaten lain, harga komoditas bahan pokok di Gunungkidul relatif lebih rendah. Namun khusus harga cabai rawit dikatakan tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Untuk harga bawang merah saat ini Rp. 30.000, Daging ayam Rp.30.000, Daging sapi kualitas I Rp. 140.000 kualitas II Rp.120.000. Harga ini telatif lebih rendah dari wilayah lain," paparnya.

Lebih lanjut Yuna mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan harga Pemda DIY bersama Kabupaten kota mengelar pasar murah. Bahkan kegiatan ini dilaksanakan hingga tingkat kalurahan.

"Tidak terkecuali di Gunungkidul pasar murah sudah digelar di berbagai daerah," paparnya.

Manajer PT. Sido Rahayu Farm, Siti Fatonah mengatakaan, harga telur dalam kurun waktu 2 minggu terakhir mengalami penurunan. Harga turun dari Rp. 24.000 menjadi Rp. 22.900.

"Stok telur melimpah, untuk telur distribusi kita sebanyak 70 persen di Gunungkidul sisanya 30 persen di kota dan bantul," jelasnya.

Hadir dalam pemantauan harga ini, Kabag Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Kab. Gunungkidul, perwakilan Bank Indonesia, Polres Gunungkidul, Dinas Perdagangan Gunungkidul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya