Menilik Perayaan Hari Saraswati Umat Hindu Bali, Hari Turunnya Ilmu Pengetahuan

Hari Saraswati dipercaya umat Hindu Bali sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan kepada umat manusia.

oleh Dewi Divianta diperbarui 19 Des 2023, 07:12 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 07:12 WIB
Mengintip Perayaan Hari Raya Saraswati untuk Umat Hindu Bali
Mengintip Perayaan Hari Raya Saraswati untuk Umat Hindu Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Liputan6.com, Denpasar - Hari Raya Saraswati yang baru-baru ini dirayakan oleh umat Hindu Bali memiliki makna suci bagi penduduk Bali. Hari Raya Saraswati diyakini sebagai hari suci turunnya pendidikan untuk umat manusia. Perayaan Hari Raya Saraswati dimulai pada hari ke-14 bulan Maga dalam kalender Hindu (16 Desember 2023).

Pada hari tersebut umat Hindu Bali akan menghormati Dewi Saraswati dengan melakukan pemujaan terhadap buku-buku, alat tulis, dan instrumen musik sebagai simbol pengetahuan dan kebijaksaan.

Pada hari itu juga semua siswa sekolah di Bali tidak boleh belajar sebagai bentuk penghormatan untuk mengupacarai sumber pengetahuan.

Jro Paksi, Juru Bicara Pesemetonan Pererepan Sari Pedungan, Denpasar Selatan mengatakan Hari Raya Saraswati juga memiliki rangkaian perayaan seperti Banyu Pinaruh.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyu Pinaruh

Banyu Pinaruh Rangkaian Perayaan Hari Raya Saraswati untuk Umat Hindu Bali
Banyu Pinaruh Rangkaian Perayaan Hari Raya Saraswati untuk Umat Hindu Bali (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Jro Paksi menceritakan Banyu Pinaruh bisa diartikan sarana mensucikan diri yang dilakukan di tempat sumber mata air. Perayaan ini dilakukan sehari setelah perayaan hari Raya Saraswati termasuk juga saat sehari setelah upacara Siwa Latri.

"Suasana Banyu Pinaruh tidak saja hanya saat sehari setelah perayaan Saraswati. Tetapi juga dilakukan sehari setelah saat hari Siwa Latri," katanya kepada Liputan6.com, Senin (18/12/2023).

Masyarakat yang usai melakukan upacara atau sembahyang Hari raya Saraswati biasanya akan mereka merayakan Banyu Pinaruh di sejumlah sumber mata air seperti pantai.

Tak heran ketika rangkaian Hari Saraswati selesai dilakukan suasana di pantai-pantai Bali akan penuh pengunjung masyarakat yang melakukan tradisi Banyu Pinaruh, salah satu pantai tujuan Banyu Pinaruh adalah Pantai Sanur.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya