Ratusan Warga di Desa Buluh Cina Kampar Terendam Banjir, Bantuan Minim

Luapan Sungai Kampar membuat 400 kepala keluarga di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, terendam banjir.

oleh M Syukur diperbarui 03 Jan 2024, 16:11 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2024, 16:04 WIB
Salah satu rumah yang terendam banjir di Desa Buluh Cina karena luapan Sungai Kampar.
Salah satu rumah yang terendam banjir di Desa Buluh Cina karena luapan Sungai Kampar. (Liputan6.com/M Syukur)

Liputan6.com, Pekanbaru - Luapan Sungai Kampar membuat 400 kepala keluarga di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, terdampak banjir. Bencana hidrometeorologi itu sudah sepekan berlangsung sehingga merendam puluhan rumah.

Sebagian korban banjir di desa tersebut sudah mengungsi ke rumah sanak saudara yang aman dari jangkauan air. Sebagian lagi bertahan dengan membuat bangunan panggung dari kayu.

Bangunan kayu cukup tinggi itu digunakan warga yang bertahan memasak kebutuhan sehari-hari. Di sana warga juga beristirahat serta melakukan aktivitas lainnya.

Seorang korban banjir, Guntur, menyebut ketinggian air mencapai 80 sentimeter. Keadaan ini sudah beberapa hari terjadi dan belum ada tanda-tanda turun.

"Ketinggian air bertahan, tidak bertambah dan berkurang," kata Guntur, Rabu siang, 3 Januari 2024.

Pemerintah setempat sudah turun ke lokasi sembari memberikan bantuan kepada warga. Bantuan itu hanya berupa beras sementara kebutuhan pokok lainnya belum.

"Pemerintah datang membawa sekarung beras ke setiap rumah," katanya.

Korban lainnya, Syahrial, mengaku pasrah dengan keadaan ini. Apalagi desanya menjadi langganan banjir jika Sungai Kampar meluap.

"Perabotan terendam, yang bisa kita selamatkan, kita selamatkan yang tidak bisa terpaksa basah karena banjir," ujar Syahrial.

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mohon Bantuan

Luapan air Sugai Kampar yang menyebabkan bencana banjir di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu.
Luapan air Sugai Kampar yang menyebabkan bencana banjir di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu. (Liputan6.com/M Syukur)

Pria 58 tahun itu masih bersyukur karena warga tidak kesulitan mencari air bersih. Masih ada sumur bor sebagai sumber minum dan kebutuhan lainnya.

"Alhamdulillah air sumur bor bersih, jadi bisa digunakan itu untuk memasak," terangnya.

Terkait bantuan, Syahrial berharap pemerintah dapat memperhatikan kondisi mereka karena belum semua mendapatkan bantuan.

"Ada yang sudah dapat bantuan beras dan ada juga yang belum, semoga semua mendapat bantuan untuk kami makan," katanya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya