5 Fakta Menarik Tentang Harimau Sumatra

Harimau Sumatra menghadapi berbagai ancaman yang mengancam keberlangsungan hidupnya.

oleh Novia Harlina diperbarui 20 Apr 2024, 11:00 WIB
Diterbitkan 20 Apr 2024, 11:00 WIB
Harimau Sumatra
Harimau sumatra memiliki ukuran paling kecil diantara jenis-jenis harimau lainnya (foto: Wikimedia/Captain Herbert)

Liputan6.com, Jakarta - Harimau sumatera, satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini masuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah.

Dikutip dari ksdae.menlhk.go.id, populasi harimau sumatera hanya tersisa sekitar 400 ekor, di dalam blok-blok hutan dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Ciri-ciri khusus harimau sumatera atau atau Panthera tigris sumatrae berwarna kulit paling gelap dibanding seluruh jenis harimau, mulai dari kuning kemerahan hingga oranye tua.

Berikut fakta menarik tentang harimau Sumatra yang wajib Anda ketahui:

1. Pola garis

Harimau Sumatra memiliki bulu berwarna oranye dengan garis-garis hitam yang lebih sempit dan lebih banyak dibandingkan dengan subspesies harimau lainnya. Pola garis pada Harimau Sumatra bergaris vertikal.

Pola garis pada satwa ini cenderung lebih gelap. Sementara dibadning harimau Jawa memiliki garis yang lebih jarang dan warna yang lebih terang.

2. Berburu

Mereka dapat berburu sendirian pada umur 18 bulan, dan pada umur 2 tahun anak harimau dapat berdiri sendiri. Selain itu Harimau Sumatra dapat hidup selama 15 tahun di alam liar, dan 20 tahun dalam kurungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

3. Ukuran Tubuh

Fakta yang ketiga terdapat pada ukuran tubuh Harimau Sumatra yang lebih kecil dari Harimau Jawa.

Ukuran tubuh dari Harimau Sumatra lebih kecil, dengan panjang tubuh antara 220-260 cm dan berat antara 100-140 kg untuk jantan, serta panjang tubuh antara 190-240 cm dan berat antara 65-110 kg untuk betina.

4. Gigitan Kuat

Fakta selanjutnya terkait Harimau Sumatra terdapat pada kekuatan gigitannya. Kekuatan gigitan Harimau Sumatra sendiri sangat kuat, yaitu mencapai 450 kilogram gaya yang mampu mencabik-cabik mangsanya.

5. Hewan Purba

Harimau Sumatra termasuk ke dalam golongan hewan purba. Jangan menyangka jika Harimau Sumatra adalah sub-spesies yang baru lahir.

Harimau dikenal sebagai Miacids yang hidup pada akhir zaman Cretaceous kira-kira 70-65 juta tahun yang lalu semasa zaman dinosaurus di Asia Barat.

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya