PNM Raih Penghargaan Special Award BIA 2024

Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia dengan tema "Agility in Uncertainty".

oleh Novia Harlina diperbarui 15 Jun 2024, 01:41 WIB
Diterbitkan 14 Jun 2024, 02:15 WIB
PNM meraih penghargaan Special Award dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024. (Liputan6.com/ ist)
PNM meraih penghargaan Special Award dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024. (Liputan6.com/ ist)

Liputan6.com, Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meraih penghargaan Special Award dalam ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2024. PNM dianugerahi "The Most Outstanding Microfinance Programs To Empowering Women And Community Development" dalam ajang tersebut.

Direktur Bisnis PNM, Prasetya Sayekti mengatakan pihaknya mengapresiasi penyelenggaraan BIA 2024, khususnya dari Bisnis Indonesia.

"PNM memiliki tanggung jawab khusus dalam pemberdayaan ibu-ibu prasejahtera," ujarnya, Kamis (13/6/2024).

Ia menyebut pemberdayaan dilakukan pada beberapa tingkat, dimulai dari pemberdayaan dasar di pertemuan kelompok mingguan dengan memberikan literasi dasar kepada semua nasabah. Selanjutnya, terdapat literasi lanjutan dengan skala yang lebih besar dan materi yang lebih mendalam, termasuk edukasi digital.

Dengan edukasi lanjutan dan digital, Prasetya berharap nasabah dapat terus meningkatkan kapasitasnya, termasuk kemampuan untuk memperluas pasar. Pada tahun 2024, PNM memiliki target penyaluran sebesar Rp74 triliun dengan optimisme bahwa target tersebut dapat tercapai.

Sepanjang tahun 2023, PNM dan entitas anak mencatat kinerja positif dengan laba sebesar Rp1,64 triliun per 31 Desember 2023. Laba tersebut meningkat 66,2% secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatan bunga dan syariah bersih senilai Rp12,3 triliun menjadi salah satu faktor utama yang mendukung peningkatan laba tersebut.

Dalam konteks ekuitas, PNM mencatatkan modal senilai Rp9,06 triliun atau naik 22% secara tahunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Total aset perseroan mencapai Rp51,04 triliun per 31 Desember 2023, meningkat 8,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp71,2 triliun per 31 Desember 2023, dengan jumlah pembiayaan aktif mencapai 15,1 juta nasabah.

Bisnis Indonesia Award (BIA) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia dengan tema "Agility in Uncertainty". Penghargaan diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang berkinerja terbaik berdasarkan penilaian dewan juri.

PNM, sebagai lembaga pembiayaan dan pendampingan perempuan prasejahtera, memberikan modal usaha serta pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Hingga kini, PNM memiliki 15,2 juta nasabah di seluruh Indonesia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya