Jokowi Akan Resmikan Pasar Pasir Gintung di Lampung, Puluhan Pedagang Dipindah

Kunjungan kerja (Kunker) Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke sejumlan wilayah di Provinsi Lampung, pada Senin (26/8/2024) membuat pemerintah setempat melakukan berbagai persiapan. Seperti halnya di Pasar Pasir Gintung, Kota Bandar Lampung, sejumlah pedagang pun mulai ditertibkan.

oleh Ardi Munthe diperbarui 26 Agu 2024, 00:57 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2024, 00:55 WIB
Sejumlah pedagang di Pasar Pasir Gintung mulai ditertibkan menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo. Foto : (Istimewa).
Sejumlah pedagang di Pasar Pasir Gintung mulai ditertibkan menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo. Foto : (Istimewa).

Liputan6.com, Bandar Lampung - Kedatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke sejumlan wilayah di Provinsi Lampung, pada Senin (26/8/2024) membuat pemerintah setempat melakukan berbagai persiapan. Seperti halnya di Pasar Pasir Gintung, Kota Bandar Lampung, sejumlah pedagang pun mulai ditertibkan.

Berdasarkan pantauan, pada Minggu (25/8/2024) siang, di Pasar Pasir Gintung yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) bakal diresmikan langsung oleh Jokowi itu sontak menjadi pusat perhatian warga setempat. 

Puluhan warga menyaksikan sejumlah petugas gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP melaksanakan pembongkaran lapak sementara milik pedagang di sekitar area pasar yang baru direvitalisasi tersebut.

Penertiban itu dilakukan untuk memindahkan para pedagang yang telah terdata dari lapak sementara ke dalam pasar yang telah direnovasi permanen. 

Para petugas tampak berseragam sesuai matra dan instansi mereka, sementara sebagian lainnya mengenakan pakaian bebas. Para pedagang terpantau sibuk menyiapkan barang dagangan mereka untuk dipindahkan ke lapak yang baru.

Kemudian, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas PUPR kota setempat juga turut berperan dalam pembongkaran dan pembersihan area Pasar Pasir Gintung.

Selain penertiban dan pembersihan di sekitar pasar, petugas gabungan pun menanaman pohon dan rumput di sekitar pasar, guna memberikan suasana segar dan asri.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo akan melaksanakan kunjungan kerja ke Lampung, pada Senin (26/8/2024). Kedatangan Jokowi itu dijadwalkan akan meresmikan tiga proyek strategi nasional (PSN) di sejumlah daerah setempat. 

Kunjungan orang nomer satu di Indonesia itu pun dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Lampung, Achmad Saefullah kepada wartawan. 

"Iya, benar. InsyaAllah hari Senin 26 Agustus 2024 pak Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung," kata Saefullah, Minggu (25/8/2024).

Dia menjelaskan, kedatangan Jokowi ke Lampung diagendakan akan meresmikan tiga PSN yang telah selesaikan dibangun. 

"Ada PSN Bendungan Marga Tiga di Lampung Timur. Dua lainya di Bandar Lampung yaitu Pasar Pasir Gintung dan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) setampat," jelas dia.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan stakeholder terkait telah menggelar rapat persiapan. Pembahasannya, mematangkan pengamanan sejumlah wilayah kunjungan kerja yang bakal didatangi presiden. 

"Semua sudah disiapkan, untuk sektor pengamanan tentu itu kewenangan dari Korem dan Kodam serta dibantu oleh Polda Lampung. Semua persiapan sudah dibahas," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya