Usung Luluk-Lukman pada Pilkada Jatim 2024, PKB Hanya Ingin Pecah Suara Petahana?

Menurut Surokim, kedua orang pasangan itu belum kader kelas utama di Pilkada liga 1,

oleh Dian Kurniawan diperbarui 30 Agu 2024, 18:23 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 18:23 WIB
Pasangan Luluk-Lukman daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)
Pasangan Luluk-Lukman daftar Pilkada Jatim 2024. (Istimewa)

Liputan6.com, Surabaya - Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdus Salam mengaku kaget PKB mengusung Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim pada Pilkada Jatim 2024 melawan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta. 

Menurutnya, kedua orang pasangan itu belum kader kelas utama di Pilkada liga 1, 

"Bisa jadi PKB hanya ingin memecah suara petahana saja," ucap Surokim, Kamis 29 Agustus 2024.

Surokim mengatakan, terus terang ini membuat kaget Pasangan Calon (Paslon) yang diajukan PKB. "Ini diluar yang saya perkirakan," ucapnya.

Tapi, lanjut Surokim, bagaimanapun PKB patut dan harus diberi apresiasi bisa mengajukan paslonnya sendiri sehingga Pilkada Jatim bisa lebih dinamis.

"Seyogyanya begitu, karena sebagai partai pemenang pileg. Percaya diri untuk bisa memajukan paslonnya," ujarnya.

Surokim menyebut, Luluk-Lukman yang diajukan adalah kader PKB sendiri itu juga bagus, sebagai penguatan moral kader dan bagian dari ikhtiar politik.

"Menunjukkan kepada publik bahwa partai punya stok kader yang bisa dimajukan dalam Pilkada," ucapnya.

Selain itu, kata Surokim, kader yang diajukan oleh PKB adalah sekelas menteri, Namum ternyata tidak."Ini sungguh mengejutkan," ujarnya.

Surokim menegaskan, bagaimana pun juga Pilkada Jatim ini adalah Pilkada liga 1 di Indonesia. "Jadi butuh effort yang lebih ekstra agar paslon ini bisa kompetitif karena calon-calon lawannya banyak punya surplus," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Luluk-Lukman Daftar ke KPU Jatim

Pasangan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim resmi mendaftar Pilkada Jatim ke KPU pada Kamis 29 Agustus 2024, malam sekitar pukul 21.30 WIB.

Diiringi dengan dengan kebudayaan Madura pasangan yang menyebut dirinya "Luman" ini datang ke KPU Jawa Timur, dengan dikawal ribuan relawan serta kader PKB.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar mengklaim jika calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang ditemani ketua umum DPP Partai.

"Hanya pasangan Luluk dan Lukmanul yang ditemani oleh ketua DPP PKB oleb Gus Muhaimin Iskandar," kata Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar atau yang biasa disapa Gus Halim itu.

Gus Halim yakin dengan pendaftaran yang medekati hari Jumat tersebut bisa membawa keberkahan dan yakin bisa menang menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024.

"Semoga bisa menang," terangnya.

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya