Batman Day 2024, Rayakan Kepopuleran Pahlawan Super yang Tak Memiliki Kekuatan Super

Batman Day pertama secara resmi diperingati pada 23 Juli 2014. Peringatan itu bertepatan dengan Comic-Con International di San Diego pada tahun tersebut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 21 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 21 Sep 2024, 04:00 WIB
Batman: Caped Crusader
Batman: Caped Crusader [Foto: Prime Video]

Liputan6.com, Yogyakarta - Batman Day merupakan perayaan global yang diperingati setiap Sabtu ketiga pada bulan September. Tahun ini, Batman Day diperingati pada 21 September 2024.

Batman, terkenal bukan karena memiliki kekuatan super, tetapi karena kecerdasan, keterampilan, dan kecerdasan teknisnya. Ia pun menjadi salah satu karakter paling ikonik di dunia dan diakui di seluruh dunia berkat perannya dalam komik, acara TV, kartun, film, dan lainnya.

Kepopulerannya terus meningkat sejak pertama kali muncul di Detective Comics #27 pada 1939. Selama 85 tahun, Batman telah mendapatkan banyak popularitas sebagai karakter yang mencerminkan keadilan bagi para penggemar di seluruh dunia.

Mengutip dari National Today, hari ini sebenarnya dirayakan untuk memperingati penampilan pertama Batman di Detective Comic pada 1939. Awalnya, peringatan ini dirayakan pada Juni di tahun pertamanya. Selanjutnya, berpindah beberapa kali.

Batman Day pertama secara resmi diperingati pada 23 Juli 2014. Peringatan itu bertepatan dengan Comic-Con International di San Diego pada tahun tersebut.

Dalam Comic-Con, peringatan 75 tahun Batman Day dirayakan melalui penjualan barang dagangan Batman. Toko-toko berpartisipasi menjual stok Batman dari empat era berbeda, mulai dari seri klasik asli hingga desain modern.

Pada 2015, publikasi dan barang dagangan khusus Batman dirilis khusus untuk Batman Day. Popularitas Batman melesat karena ia merupakan komponen humanistik jika dibandingkan dengan karakter lain, seperti Wonder Woman dan Superman. Meski dipandang sebagai pahlawan super, Batman sebenarnya tidak memiliki kekuatan super.

Untuk merayakan Batman Day, Warner Bros dan DC Entertainment telah mengadakan berbagai perayaan khusus selama lima hingga enam tahun terakhir. Batman Day tahun ini dijanjikan akan menjadi yang terbesar dan terbaik, seperti pemutaran film dan acara TV, berbagai aktivitas seru untuk penggemar, peluncuran buku dan komik eksklusif, koleksi digital, action figure, dan lainnya.

 

Penulis: Resla

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya