Sepeda Bersama Indonesia Resmi Tercatat di BEI

Sepeda Bersama Indonesia (SBI) menjadi perusahaan tercatat ke-12 di BEI pada 2022 dan menjadi perusahaan tercatat saham ke-778 di Bursa pada saat ini.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 21 Mar 2022, 11:38 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2022, 11:38 WIB
Pencatatan perdana saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), Senin, 21 Maret 2022 (Foto: BEI)
Pencatatan perdana saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), Senin, 21 Maret 2022 (Foto: BEI)

Liputan6.com, Jakarta - PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk resmi mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, 21 Maret 2022.

Sepeda Bersama Indonesia (SBI) menjadi perusahaan tercatat ke-12  di BEI pada 2022 dan menjadi perusahaan tercatat saham ke-778 di Bursa pada saat ini.  Saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk diperdagangkan dengan kode saham BIKE.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, bursa berharap perseroan akan merealisasikan rencana atas penghimpunan dana yang telah dihimpun semakin maju serta terus menjaga transparansi dan akuntabilitas operasional perusahaan.

"Tentunya bursa akan senantiasa mendukung perusahaan tercatat untuk mencapai kinerja terbaiknya sehingga dapat memberikan atribusi optimal kepada stakeholder, ujar Nyoman dalam Seremoni Virtual Pencatatan Perdana Saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk, Senin (21/3/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk, Andrew Mulyadi mengungkapkan, PT Sepeda Bersama Indonesia didirikan pada 13 Oktober 2017 dan memiliki kegiatan usaha utama pada bidang perdagangan besar sepeda dengan merek-merek yang sudah dikenal yang masyarakat yaitu Genio, Avand, dan United. 

"Dalam menjalankan usahanya perseroan memiliki visi untuk menjadi wholesaler terdepan dengan merealisasikan impian pelanggan dan menawarkan mobilitas serta memberikan pelayanan after sales yang memuaskan,” kata Andrew.

Andrew juga menambahkan, hal tersebut juga selaras dengan misi perseroan, yaitu membuat dan mempertahankan hubungan baik dengan dealers dan pelanggan yang didukung oleh target pasar yang luas baik dari individu sampai dengan keluarga dari remaja hingga orang tua.

Ia menyebutkan, dengan memberikan beragam pilihan jenis sepeda seperti sepeda balap, sepeda gunung sepeda lipat, dan sepeda anak PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk terus memberikan kualitas dan pelayanan terbaik bagi konsumen.

“Dengan tercatatnya saham kami di Bursa Efek Indonesia, kami yakin akan menjadi salah satu alternatif investasi terbaik bagi investor di pasar modal Indonesia. Untuk itu kami akan berusaha secara maksimal dalam meningkatkan kinerja perseroan serta menciptakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan tetap mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik,” tegasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pencatatan Saham Perdana Sepeda Bersama Indonesia

Pencatatan perdana saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), Senin, 21 Maret 2022 (Foto: BEI)
Pencatatan perdana saham PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk (BIKE), Senin, 21 Maret 2022 (Foto: BEI)

Sebelumnya, PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan Senin, 21 Maret 2022. PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk catat saham dengan kode saham BIKE di papan pengembangan.

PT Sepeda Bersama Indonesia Tbk menjadi perusahaan tercatat ke-12 di BEI pada 2022. Jumlah saham yang akan dicatatkan 1.293.334.000 saham yang terdiri dari saham pendiri 970.000.000 saham dan penawaran umum kepada masyarakat atau initial public offering (IPO) 323.334.000 saham dengan nilai nominal Rp 25 per saham. Harga penawaran saham Rp 170 per saham. PT Sepeda Bersama Indonesia bakal memakai dana IPO untuk modal kerja berupa pembelian persediaan barang.

Selain itu, perseroan juga mencatat waran seri I 161.667.700 saham dengan harga pelaksanaan Rp 494 per saham. Dengan demikian, dana yang akan diperoleh dari waran sebesar Rp 79,54 miliar. Dana hasil penerbitan waran akan digunakan untuk membeli persediaan barang.

Rasio waran seri I ini 2:1 yang artinya setiap pemegang dua saham yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham (DPS) akan memperoleh satu waran seri I. Adapun kode perdagangan waran seri I yaitu BIKE-W.

Adapun jadwal waran seri I untuk pencatatan dan mulai perdagangan pada 21 Maret 2022, tanggal berakhir perdagangan waran di pasar regular dan negosiasi pada 18 Maret 2022, dan tanggal berakhir perdagangan waran di pasar tunai pada 20 Maret 2024. Untuk periode awal pelaksanaan waran seri I pada 21 September 2022 dan periode akhir pelaksanaan waran seri I pada 21 Maret 2024.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya