Lawan Timnas Indonesia, Suporter Malaysia Diminta Lebih Santun

Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin tak ingin ada insiden kontroversial timnas Indonesia U-22 saat berhadapan dengan Malaysia.

oleh Ahmad Fawwaz Usman diperbarui 26 Agu 2017, 08:30 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2017, 08:30 WIB
Sea Games 2017, Timnas Indonesia U-22, Kamboja
Para pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Kamboja di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis, (24/8/2017). Indonesia menang 2-0 atas Kamboja. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin tak ingin ada insiden kontroversial timnas Indonesia U-22 saat berhadapan dengan Malaysia di semifinal sepak bola SEA Games 2017, Sabtu (26/8). Maka itu, dia pun mewanti-wanti suporter Malaysia agar bersikap santun.

Sebelumnya, pelatih Malaysia, Ong Kim Swee berharap suporter timnya dan timnas Indonesia tak terpancing dengan segala insiden serta kontroversial yang terjadi. Salah satunya adalah pengeroyokan yang dialami suporter Myanmar yang melibatkan fans tuan rumah.

Jauh sebelum itu, masyarakat Indonesia juga sudah dibuat marah dengan keteledoran panitia penyelenggara SEA Games 2017 (Masoc) yang memasang bendera Indonesia terbalik di dalam buku panduan. Tak lama setelah itu, pihak Malaysia memang langsung melayangkan permintaan maaf.

Namun, bukan berarti sisa-sisa kekecewaan insiden tersebut telah menghilang tanpa bekas. Apalagi, Malaysia akan menghadapiTimnas Indonesia U-22 pada semifinal SEA Games 2017 di Shah Alam Stadium, Sabtu (26/8/2017). Potensi bentrok di antara kedua kubu suporter sangat mungkin terjadi.

"Beri dukungan kepada tim kami dengan cara yang positif, tanpa mengatakan apa pun yang menyakiti perasaan orang lain. Saran saya adalah agar penonton datang lebih awal karena kami menggunakan prosedur masuk yang berbeda. Kami harus melakukan pengamanan ketat," kata Jamaluddin, dilansir New Straits Times.



Sayang, jumlah suporter Malaysia dan timnas Indonesia U-22 dipastikan tak berimbang. Berdasarkan informasi yang didapat dari manajer timnas Indonesia, Endri Erawan, suporter timnas Indonesia hanya mendapatkan jatah 10.000 lembar tiket.

Padahal, kapasitas Shah Alam Stadium sendiri mencapai 80.000. Artinya, dukungan lebih banyak didapatkan Malaysia. "Saya yakin dukungan penonton sangat penting bagi para pemain. Saya melihat pemain kami telah menemukan ritme positif, mudah-mudahan mereka lolos," jelas Jamaluddin.

*CLEAR mendukung athlete Indonesia untuk terus #PakaiKepalaDingin dan jadi juara. Banyak tantangan yang akan dihadapi para atlet saat sesi latihan ataupun pertandingan, terutama kelelahan serta munculnya keringat berlebih di kepala. CLEAR Ice Cool Menthol memberikan 3X kesegaran, shampoo pilihan no.1 di Indonesia untuk cara menghilangkan ketombe. Tak perlu khawatir dengan adanya ketombe, hadapi dengan shampoo anti ketombe terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya