Review Midnight Special: Misteri Bocah Berkekuatan Super

Banyak hal yang ditawarkan oleh Midnight Special. Yang pertama, jelas misteri ala film fiksi ilmiah.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 11 Mei 2016, 01:00 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2016, 01:00 WIB
Midnight Special
Midnight Special (IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Sepanjang sejarah peradaban, manusia selalu penasaran dengan keberadaan entitas yang memiliki kekuatan di luar dunia mereka. Bila dari masa lalu ada cerita peri, duyung, dan makhluk supranatural lainnya, maka di zaman modern ini banyak orang yang meyakini keberadaan alien. Semua memiliki kekuatan yang tak dimiliki manusia.

Keyakinan akan keberadaan kekuatan di luar nalar ini, kerap diadaptasi dalam bentuk sinema. Entah dalam bentuk fiksi ilmiah seperti serial kondang X-Files, hingga diadaptasi sebagai pahlawan super pembela keadilan, Superman.

Film terbaru yang mengambil tema ini, adalah Midnight Show, arahan sutradara Jeff Nichols yang sekaligus berperan sebagai penulis skenario.

Midnight Special (IMDb)

Sang pemilik kekuatan super itu adalah Alton (Jaeden Lieberher), seorang bocah kecil dengan kemampuan sekaligus kelemahan yang aneh. Ia serba tahu, dapat menghancurkan satu tempat dengan mudah, namun ia juga tak tahan terkena sinar matahari. Matanya juga kerap memancarkan cahaya, yang bersifat destruktif. Karena itu matanya kerap disembunyikan di balik kacamata renang.

Selama dua tahun Alton dipingit oleh sebuah sekte yang meyakini bahwa ia adalah juru selamat. Ayah biologisnya, Roy (Michael Shannon), sang ibu (Kirsten Dunst), ditemani kawan lamanya, Lucas (Joel Edgerton) berusaha membawa kabur Alton dari sekte tersebut. Upaya pelarian itu, justru memancing pemerintah datang, dan mengetahui kekuatan Alton.

Kejar-kejaran pun terjadi. Sekte tersebut menginginkan juru selamatnya kembali, pemerintah melihat Alton sebagai senjata pemusnah yang harus dimiliki. Sementara Roy, berusaha mencari jawaban dari mana kekuatan Alton berasal,sekaligus jati diri anaknya yang sebenarnya.

Midnight Special (IMDb)

Banyak hal yang ditawarkan oleh Midnight Special. Pertama, jelas film ini akan menawarkan sebuah misteri yang akan menggelitik para penggemar fiksi ilmiah. Pameran kekuatan yang diperlihatkan Alton, membuat penonton ikut terseret untuk mencari jawaban, siapa Alton sebenarnya.

Tak hanya itu, film ini juga memberikan sepotong drama keluarga yang hangat di dalamnya. Tema yang paling mudah terlihat, yaitu  tentang kesediaan orangtua saat melepas anaknya.

Midnight Special (IMDb)

Namun, beberapa hal dalam Midnight Special mungkin akan membuat penonton tak puas di ujung film. Salah satunya, karena banyak pertanyaan tak terjawab—atau memang sengaja tak dijawab—dalam film ini. Seperti, mengapa Alton yang secara biologis adalah manusia,ternyata sejatinya bukan manusia.

Bagi sebagian penonton, ini adalah sebuah ending terbuka yang sempurna untuk menciptakan beragam fan theory sesuai imajinasi masing-masing penggemar. Namun untuk penonton lain, Midnight Special bisa menjadi film dengan banyak pertanyaan yang tak akan terjawab.

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya