Ari Lasso Ungkap Sempat Alami Perdarahan Hebat Saat Operasi Tumor Limpa

Ari Lasso telah menjalani operasi pengangkatan tumor.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 07 Sep 2021, 18:30 WIB
Diterbitkan 07 Sep 2021, 18:30 WIB
6 Potret Ari Lasso Saat Dirawat di Rumah Sakit Sebelum Jalani Operasi
Ari Lasso jalani operasi (Sumber: Instagram/ari_lasso)

Liputan6.com, Jakarta - Bagai petir di siang bolong, Ari Lasso terkejut saat dirinya didiagnosis mengalami tumor limpa. Penyakit ini diketahui setelah dia menjalani USG.

Setelahnya, pemilik nama lengkap Ari Bernardus Lasso melakukan CT Scan dan konsultasi dengan dokter-dokter spesialis. Mereka membicarakan tindakan untuk menyembuhkan penyakitnya.

"Pada 7 Agustus aku diizinkan pulang dengan membawa beban bahwa di dalam tubuhku ini ada massa padat yang besarnya kira-kira sekepalan tangan. Malamnya konsul ke dokter bedah, konsul ke tumor perut jadi dalam 2 minggu aku pulang pergi dari rumah sakit," kata pelantun lagu "Aku dan Dirimu" di YouTube-nya, Senin (6/9/2021).

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknik Pembedahan

Potret Terbaru Ari Lasso Pasca Operasi Pengangkatan Tumor Perut, Sudah Bisa Pulang
Potret Terbaru Ari Lasso Pasca Operasi Pengangkatan Tumor Perut, Sudah Bisa Pulang. (Sumber: Instagram/ari_lasso)

Ari Lasso pun dijadwalkan menjalani operasi pada 20 Agustus 2021. Dia menjelaskan teknik pembedahannya, apakah dengan laparoskopi (operasi dengan minim sayatan untuk memasukkan alat), atau dengan metode bedah terbuka.

"Sampai pada akhirnya diputuskan lakukan operasi pengambilan, ada beberapa skenario yaitu pakai, laparoskopi diambil tumornya saja, kemudian laparoskopi diambil sama limpanya. Atau apabila terjadi hal di luar kontrol terpaksa dilakukan pembedahan total," tuturnya.


Perdarahan

Saat operasi berlangsung, rupanya sempat terjadi perdarahan.

"Yang terjadi adalah skenario ketiga, karena pendarahan cukup hebat ketika operasi karena limpa tempatnya pembuluh darah ya, jadi kesenggol dikit bahaya. Sempat juga aku ditransfusi selama menjalani operasi, ketika sadar juga lumayan sakitnya dengan berbagai macam selang," kata dia.


Operasi Lancar

Namun dia bersyukur karena operasinya dinyatakan berhasil. "Dan pemulihanku sebagai orang yang baru menjalani operasi besar itu sangat bagus respons tubuhku untuk obat-obatannya," ucap Ari Lasso.

Setelah operasi, Ari Lasso masih harus melewati prosedur medis berikutnya.

"Yang jadi masalah adalah what next dari hasil tumor dan limpa yang sudah diangkat tadi. Jadi rupanya aku masih akan terus melakukan terapi lanjutan, observasi untuk menyembuhkan limpaku," jelas Ari Lasso.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya