BTS Diisukan Rogoh Kocek Sendiri Saat Bertugas di New York, Pemerintah Korea Mengklarifikasi

Media Korea Selatan Chosunilbo melaporkan bahwa biaya BTS ke New York termasuk ongkos jalan, penginapan, hingga makanan, tidak ada yang ditanggung pemerintah. Benarkah?

oleh Ratnaning Asih diperbarui 30 Sep 2021, 18:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2021, 18:00 WIB
BTS. (Twitter/ bts_bighit)
Media Korea Selatan Chosunilbo melaporkan bahwa biaya BTS ke New York termasuk ongkos jalan, penginapan, hingga makanan, tidak ada yang ditanggung pemerintah. Benarkah? (Twitter/ bts_bighit)

Liputan6.com, Seoul - Kunjungan BTS ke New York Amerika Serikat minggu lalu menjadi topik yang hangat dibicarakan publik. Pasalnya mereka tampil dan berpidato dalam Sidang Umum PBB ke-76, sebagai Utusan Khusus Presiden Moon Jae In.

Namun kini muncul kabar yang bikin kening berkerut. Dilansir dari Soompi, Kamis (30/9/2021), media Korea Selatan Chosunilbo menyebut BTS merogoh kocek sendiri untuk perjalanan ini.

Disebutkan bahwa biaya ke New York termasuk ongkos jalan, penginapan, hingga makanan, tidak ada yang ditanggung pemerintah.

Para superstar K-Pop ini juga konon tak menerima bayaran khusus atau uang saku selama tiga hari menemani Presiden Moon Jae In, Ibu Negara Kim Jung Sook, dan Menteri Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Hwang Hee.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menanggung Sebagian

BTS di PBB. (Twitter/ bts_bighit)
BTS di PBB. (Twitter/ bts_bighit)

Sumber dari Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata kemudian mengklarifikasi kabar ini lewat sambungan telepon dengan Newsen.

"Setelah dicek, kami menemukan bahwa pemerintah menanggung sebagian pengeluaran perjalanan bisnis BTS," kata sumber ini.

 


Dibantah

BTS di Sidang Umum PBB 2021. (AP Photo/John Minchillo, Pool)
BTS di Sidang Umum PBB 2021. (AP Photo/John Minchillo, Pool)

Ditambahkan, "Artikel yang menyatakan bahwa biaya tidak ditanggung sama sekali adalah tidak benar. Pemerintah menanggung sebagian biayanya, dan kami mengecek catatan detailnya."


Sudah Disepakati

BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)
BTS di Sidang Umum PBB 2021. (John Angelillo/Pool via AP)

Secara terpisah Istana Kepresidenan Korea, yang disebut Rumah Biru atau Cheong Wa Dae juga memberikan pernyataan terkait hal ini.

"Pemerintah dan pihak agensi telah lebih dulu menyepakati pembagian biaya perjalanan dan penginapan BTS, yang mendampingi dalam kunjungan kami. Terlebih lagi, Cheong Wa Dae sangat bersyukur atas aktivitas yang dilakukan oleh utusan ini," kata sumber tersebut menambahkan.


Karena Diundang PBB Juga

Sementara itu, No Cut News menjelaskan bahwa BTS juga diundang oleh pihak PBB secara terpisah dari pemerintah.

Karena itu, hanya sebagian dari pengeluaran BTS, yang berhubungan dengan Presiden Moon Jae In dan Ibu Negara Kim Jung Sook, yang ditanggung pemerintah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya