Alumni Arsitektur UNDIP Bernostalgia di Kota Lama Semarang dengan Gelar Event Jalan Sehat

Kota Lama Semarang. Kawasan yang berdiri bagai etalase masa lalu yang menyuguhkan banyak bangunan masa kolonial.

oleh Surya Hadiansyah diperbarui 05 Nov 2022, 19:33 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 19:10 WIB
Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang (sumber: infowisata.semarangkota.go.id)

Liputan6.com, Jakarta Dahulu terdapat kawasan yang disebut oleh orang-orang Belanda sebagai Semarang Oude Stad, salah satu pusat perdagangan paling populer di Jawa Tengah. Pasalnya tempat tersebut memiliki fungsi ekonomi yang strategis, dibangun benteng yang dikenal dengan nama Vijfhoek.

Kini, kita menyebutnya sebagai Kota Lama Semarang. Kawasan yang berdiri bagai etalase masa lalu yang menyuguhkan banyak bangunan masa kolonial. Mulai dari De Javasche Bank yang kini jadi Semarang Kreatif Galeri. Lalu bangunan bekas Kantor Pengadilan Pemerintahan Belanda yang kini jadi sebuah rumah makan.

Hingga Gereja Blenduk, bangunan yang berdiri pada abad ke-18 dan masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini. Tentu saja, di luar bangunan-bangunan ini, ada Jembatan Berok atau Gouvernementsbrug yang dibangun pada abad 17.

Kota Lama Semarang selalu menjadi sumber inspirasi para arsitektur. Terutama para mahasiswanya yang berada di Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP).

Suguhan arsitektur zaman kolonial yang masih bertahan hingga saat ini, menjadi memori yang tertanam dengan baik bagi para lulusan Departemen Arsitektur Fakultas Teknik (DAFT) UNDIP.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Merayakan Dies Natalis ke-60

(Foto: Dok Kementerian PUPR)
Penataan kawasan kota lama Semarang (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Dalam rangka mengenangnya, Keluarga Alumni Diponegoro Teknik Arsitektur UNDIP merayakan dies natalis ke-60 di Kota Lama Semarang pada Minggu, 13 November 2022.

Caranya dengan menggelar jalan sehat. Gd . Oudetrap menjadi titik awal dan akhir jalan sehat.

“Tujuan dari acara ini adalah menjadi ajang silaturahmi bagi para alumni, dan mempererat hubungan antara alumni dengan almamaternya, sehingga tercipta sinergitas yang sehat bagi kemajuan DAFT UNDIP. Apalagi Kota Lama Semarang juga dilengkapi dengan sarana untuk kegiatan berolahraga,” ungkap Ariwibowo, ketua keluarga alumni diponegoro teknik arsitektur.

 


Rute Sekitar Kota Lama

Rencana acara jalan sehat ini akan dilepas oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Para peserta akan mengambil rute di sekitaran Kota lama.

Start dari Gedung Oudetrap melewati Taman Srigunting, pasar Johar, Musium Kota Lama, berakhir di Gedung Oudetrap kembali dengan jarak total 3 KM.

Anda alumni dari DAFT UNDIP? Saatnya untuk ikut bergabung dalam event jalan sehat ini. Dengan menghubungi nomor berikut: 0813 1735 6736 (Dhifa) dan 0817 0580 594 (Caca).

Infografis Banjir Rob dan Jebolnya Tanggul Laut di Semarang. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Banjir Rob dan Jebolnya Tanggul Laut di Semarang. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya