Tingkah Jan Ethes dan Sedah Mirah Cucu Jokowi Bikin Gemas di Acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Keluarga inti Presiden Jokowi menghadiri acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, termasuk Jan Ethes dan Sedah Mirah.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 11 Des 2022, 11:07 WIB
Diterbitkan 11 Des 2022, 11:07 WIB
Jan Ethes dan Sedah Mirah di Ngunduh Mantu Kaesang - Erina
Tingkah Jan Ethes dan Sedah Mirah cucu Jokowi di acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (SCTV via YouTube Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Setelah resmi menjadi suami istri selama prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022), putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep bersama sang istri, Erina Gudono, menjalani upacara adat Ngunduh Mantu di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022).

Keluarga inti Presiden Jokowi pun menghadiri acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep - Erina Gudono, termasuk Jan Ethes. Tampak cucu pertama Jokowi dari Gibran Rakabuming itu kembali membuat masyarakat tergelitik dengan tingkahnya bersama Sedah Mirah, putri dari Kahiyang Ayu.

Tak terlalu diatur, Jan Ethes dan Sedah Mirah pun dibebaskan untuk berekspresi semaunya di atas pelaminan. Tampak, dua cucu Jokowi yang sama-sama anak sulung itu dengan cueknya menari-nari sebentar lalu berpose melipat tangan seperti di atas meja.

Sejumlah netizen pun kembali mengungkapkan perasaan gemas mereka terhadap tingkah Jan Ethes yang makin "menjadi-jadi" di hari bahagia pamannya itu. Bahkan, dua anak menggemaskan ini sempat berpose di kedua sisi kursi pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

 


Reaksi Gemas Netizen

Jan Ethes dan Sedah Mirah di Ngunduh Mantu Kaesang - Erina
Tingkah Jan Ethes dan Sedah Mirah cucu Jokowi di acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (SCTV via YouTube Liputan6.com)

"Ini bagian dari acara pembuka bukan ya mas tariannya? gemes bgt jan ethes sm sedah mirah😭❤️," tulis warganet Twitter @Ara*** sambil menyolek akun @kaesangp milik Kaesang Pangarep, Minggu (11/12/2022).

"jan ethes lucu banget dah," celetuk @KUR***.

"Jan Ethes sama Sedah Mirah dibebasin ini sih konsepnya 😂😂," tulis @och***.

"Salfok teruss sm Jan Ethes sama Sedah Mirah lucuu bangett ya allah," kata @hor***.


Baju Adat

Jan Ethes dan Sedah Mirah di Ngunduh Mantu Kaesang - Erina
Tingkah Jan Ethes dan Sedah Mirah cucu Jokowi di acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (SCTV via YouTube Liputan6.com)

Selama upacara adat Ngunduh Mantu, Kaesang Pangarep mengenakan baju adat Basahan, begitu juga dengan pengantin wanita.

Kaesang pun tampak gagah tanpa berbaju, sementara Erina Gudono terlihat anggun sambil mengenakan kemben.

Setelah menggelar upacara adat Ngunduh Mantu, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono pun berganti pakaian adat untuk melanjutkan acara selanjutnya yang lebih meriah, yaitu resepsi pernikahan.


Kirab Pengantin

Selama kirab pengantin, di mana kedua mempelai pengantin dikawal dari Loji Gandrung ke Mangunegaran. Ada 10 rombongan kereta kencana yang mengiringi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kereta kencana pertama diisi oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Disusul dengan kereta kencana kedua dan seterusnya yang diisi oleh keluarga Kaesang Pangarep dan Erina.

Sementara Jokowi dan Iriana Jokowi mengisi kereta kencana kesepuluh, atau rombongan terakhir.

Sepanjang rute iring-iringan kirab pengantin ini dipenuhi oleh ribuan warga masyarakat yang hadir menyaksikan prosesi tersebut. Tampak warga masyarakat begitu antusias menyambut rombongan pengantin di sisi kanan dan kiri jalan.

Sesekali Erina Gudono dan Kaesang Pangarep menyapa langsung para warga masyarakat sambil melambaikan tangan dan melempar senyuman.

Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional
Infografis: Aksesori Kepala Pengantin di Pernikahan Tradisional.  (Liputan6.com/Triyasni)    
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya