Suti Karno Diabetes hingga Amputasi Kaki, Ungkap Selalu Konsumsi Minuman Manis dan Bersoda

Suti Karno tak pernah minum air mineral sebelum divonis menderita diabetes.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 25 Des 2022, 11:46 WIB
Diterbitkan 25 Des 2022, 11:00 WIB
Suti Karno ‘Atun Si Doel’ Jalani Operasi
Kondisi Terkini Suti Karno ‘Atun Si Doel’ Jalani Operasi (Sumber: Instagram/dewiranokarno)

Liputan6.com, Jakarta Suti Karno telah kehilangan sebelah kakinya akibat sakit diabetes. Dia telah menjalani prosedur amputasi sekitar dua bulan yang lalu.

Bintang serial Si Doel Anak Sekolahan ini mengungkap penyebab diabetes yang dialaminya. Itu terjadi salah satunya karena sering mengonsumsi minuman tinggi kadar gula.

"Iya saya diabetes sudah hampir 18 tahun, itu kan kesalahan kita waktu muda, enggak pernah dengar orangtua ngomong. Karena saya tidak pernah minum air putih, selalu minuman bersoda," papar Suti Karno sat berbincang-bincang di acara Rumpi, Jumat (23/12/2022).

Adik Rano Karno ini baru rutin mengonsumsi air mineral setelah divonis dokter menderita diabetes. "Sama sekali saya tidak pernah minum air putih. Umur saya 56 tahun, saya baru minum air putih 18 tahun. Selebihnya saya minum soda," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Suka Teh Manis

Suti Karno
Meski makin kurus, kondisi Suti Karno sudah mulai membaik. Netter berharap yang terbaik untuk kesembuhannya.

Di masa lalu, Suti Karno juga selalu mengonsumsi teh manis saat beraktivitas. Dia enggan menghilangkan dahaga dengan minum air mineral.

"Apalagi teh manis, syuting kan panas terik minum es teh manis. Sekarang mah enggak bisa. Sekarang berubah. Enggak ada yang harus disesali, tapi ada sebab dan akibat," ujarnya.


Kesaksian Munaroh

Maryati, pemeran Munaroh dalam serial Si Doel Anak Sekolahan, juga membenarkan gaya hidup Suti Karno yang sangat menyukai minuman manis.

"Pernah Mbak Suti saya ajak main lenong acara hajat. Mandra tuh turun dari panggung cuma buat nyari minuman dia. 'Gila nih anak ngerepotin gue'. Minumnya enggak bisa teh tawar, atau air putih, harus manis," ujar Maryati dalam kesempatan yang sama.


Gaya Hidup Berubah

Namun, tentunya gaya hidup Suti Karno langsung berubah menjadi lebih sehat setelah dia menderita diabetes. "Sekarang berubah setelah divonis," ungkap Suti Karno.

Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023
Infografis Tren Warna Cat Dinding Tahun 2023. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya