Vina Panduwinata Siap Meriahkan Festival Musik di HUT ke-266 Pura Mangkunegaran Solo, Bakal Tampil Sesuai Generasi Muda

Vina Panduwinata akan menjadi salah satu musisi Tanah Air yang tampil pada Festival Musik Hari Jadi ke-266 Pura Mangkunegaran, Solo.

oleh Jeremia Agung Ananta diperbarui 21 Feb 2023, 17:40 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 17:40 WIB
Vina Panduwinata, Kanjeng Gusti Sri Paduka Mangkoenagoro X, Brigitta Hardi, dan Perwakilan Pihak Penyelenggara saat Konferensi Pers
Vina Panduwinata Siap Tampil Meriahkan Festival Musik Hari Jadi ke-266 Pura Mangkunegaran Solo

Liputan6.com, Jakarta - Vina Panduwinata menjadi salah satu penyanyi Tanah Air yang akan tampil di Festival Musik HUT ke-266 Pura Mangkunegaran. Tak hanya sekedar festival musik, tapi juga ada pesta kuliner.

Festival musik dan kuliner yang bertajuk “Laras hati Mangkunegaran” merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia serta Yayan DNC.

Selain Vina Panduniwata, saat jumpa pers juga hadir Kanjeng Gusti Sri Paduka Mangkoenagoro X. Dalam kesempatan ini, Kanjeng Gusti menjelaskan bahwa acara ini sebagai bentuk kemajuan kebudayaan bagi masyarakat Solo.  Dengan adanya festival musik dan kuliner, diyakini budaya dan tradisi daerah Solo bisa terjaga hingga sekarang, terutama oleh generasi muda.

“Harapannya, masyarakat dapat belajar tentang Pura Mangkunegaran dan beraktivitas di sana. Acara ini bukan hanya milik Pura Mangkunegaran, namun milik masyarakat Solo dan sekitarnya," ucap Sri Paduka Mangkunegara X, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023).

Festival musik akan berlangsung di Lapangan atau Pamedan Pura Mangkunegaran pada 12 Maret 2023 mendatang. Untuk kuliner, justru akan digelar sehari sebelumnya yaitu 11 Maret 2023 dengan menggandeng kurang lebih 80 UMKM milik warga sekitar Solo

Pada festival musik, selain menampilkan Vina Panduwinata, juga akan dimanjakan oleh suara-suara merdu dari RAN, Marion Jola, Diskoria, hingga Brigitta Hardi ft. PSM Voca Erudita. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tampil Sesuai Generasi Muda

Vina Panduwinata Saat Manggung
Vina Panduwinata Tampil Cantik dalam Salah Satu Acara. (@vinapanduwinata_real)

Vina Panduwinata mengaku sangat antusias manggung di acara HUT Pura Mangkunegaran. Apalagi, ia memiliki hubungan baik dengan Sri Paduka Mangkoenegoro IX dan istri juga Sri Paduka Mangkoenegoro X sejak kecil.

"Mama Ina senang terpilih, dan masih diberikan kesempatan untuk menghibur masyarakat Solo," ungkap wanita yang memang akrab disapa Mama Ina.

Bagi pelantun "Burung Camar" ini festival musik dengan konsep seperti ini memang sangat penting dilaksanakan oleh generasi muda. "Jangan sampai anak-anak kita, cucu kita melupakan dasar budaya kita. Kebudayaan itu adalah harta dan harus kita jaga," lanjutnya.

 

Walau festival musik ini lintas generasi, namun Vina berjanji akan memberikan penampilan yang sesuai dengan generasi muda. 

 


Harga Tiket

Vina Panduwinata Saat Jumpa Pers Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran
Vina Panduwinata Saat Jumpa Pers Festival Musik Laras Hati Mangkunegaran

Untuk bisa menyaksikan penampilan Vina Panduwinata dan musisi lainnya, para pengunjung diharuskan membayar tiket dengan harga Rp140 ribu. Namun saat ini, tiket masih dijual untuk kategori early bird seharga Rp100 ribu saja.

Adanya penjualan tiket sangat diapresiasi oleh Vina Panduwinata. Menurutnya, masyarakat harus menghargai profesi para seniman yang telah berlatih dan mempersiapkan penampilannya semaksimal mungkin. Dengan begitu, masyarakat bisa menghargai profesi musisi. 

 


Mangkunegaran Run In Solo

sportswomen-running-sunset
Lomba Lari Jadi Salah Satu Acara Perayaan Hari Jadi Pura Mangkunegaran

Tak hanya festival musik dan kuliner saja, rangkaian perayaan HUT Pura Mangkunegaran Solo ini juga akan dilengkapi dengan lomba lari Mangkunegaran bertajuk "Run In Solo". Dengan kategori 5, 10, dan 21 kilometer (half marathon), para peserta akan berlari mengitari jalanan daerah Kota Solo pada 12 Maret.

Pendaftaran untuk lomba lari Mangkunegaran Run In Solo masih dibuka hingga akhir Februari. Bagi yang ingin ikut segera mendaftar karena slot peserta sudah terisi sebanyak 80 persen.

 

 

Infografis Fenomena Childfree yang Jadi Pro dan Kontra
Fenomena Childfree yang Jadi Pro dan Kontra. (Liputan6/Abdillah).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya