Perjalanan Cinta Raja Charles III dan Ratu Camilla: Penuh Skandal dan Kontroversi, Kini Happy Ever After di Singgasana Kerajaan Inggris

Raja Charles III sudah naksir Ratu Camilla sejak pertemuan pertama. Namun kebersamaan mereka membuahkan air mata Putri Diana, kontroversi perselingkuhan hingga skandal yang jadi santapan media. Kini keduanya akan naik takhta sebagai Raja dan Ratu Inggris.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 06 Mei 2023, 14:30 WIB
Diterbitkan 06 Mei 2023, 14:30 WIB
Raja Charles III dan Ratu Camilla pada 2022.
(Toby Melville/Pool Photo via AP, File)

Liputan6.com, Jakarta Penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla akan dilangsungan pada hari ini Sabtu (6/5/2023) pagi waktu setempat, atau sore nanti waktu Indonesia. Penobatan raja dan ratu baru Inggris ini bak akhir kisah dongeng yang “happy ever after” dalam perjalanan Raja Charles dan Ratu Camilla.

Betapa tidak, hubungan asmara yang dijalin keduanya sejak tahun 1970-an penuh dengan jatuh bangun hingga skandal dan kontroversi yang jadi santapan media. Mau tak mau, suka tak suka, bisa jadi hal ini akan diingat kembali oleh publik dalam penobatan nanti.

Seperti apa perjalanan cinta ayahanda Pangeran Harry dan William dengan Camilla? Berikut kami lansir dari People dan sumber lainnya.

Awal Tahun 1970

Raja Charles III dan Ratu Camilla bertemu setelah dikenalkan oleh kenalan mereka. Keduanya disebut-sebut langsung cocok. Dilansir dari People, Penny Junor, penulis buku The Duchess: The Untold Story, Charles terkesima dengan kepribadian Camilla yang supel, lucu, dan ramah.

“Intinya, (Raja Charles) naksir banget kepadanya, dan tak lama setelah pertemuan pertama ini langsung meneleponnya.

1971

Hubungan keduanya terputus karena kala itu Charles berdinas di Angkatan Laut. Tak hanya itu, beredar desas-desus bahwa Camilla bukan (maaf) perawan dan tak punya darah bangsawan sehingga membuatnya sulit menikah dengan Charles.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Camilla Menikah, Charles Patah Hati dan Menikahi Putri Diana

Pangeran William dari Inggris, putra Pangeran Charles dan Putri Diana berusia 6 bulan tengah berinteraksi dengan orang tuanya saat pemotretan. (Foto: AP/David Caulkin, File)
Pangeran William dari Inggris, putra Pangeran Charles dan Putri Diana berusia 6 bulan tengah berinteraksi dengan orang tuanya saat pemotretan. (Foto: AP/David Caulkin, File)

1973

Camilla menikah dengan Andrew Parker Bowles, dan menggunakan nama Camilla Parker Bowles. Uniknya, suami Camilla adalah mantan kekasih dari adik Charles, Putri Anne.

Pangeran Charles kala itu bertugas di Karibia, dan sangat patah hati, bahwa dilaporkan hendak menghentikan wanita ini untuk menikah.

Camilla dan Andrew memiliki dua anak, Tom Parker Bowles yang kelahiran 1974 dan Laura Parker Bowles empat tahun sesudahnya. Raja Charles adalah ayah baptis Tom Parker Bowles.

 

1978 -1979

Menurut Penny Junor, hubungan asmara Charles dan Camilla kembali bersemi. Andrew Parker Bowles mengetahui hal ini, tapi diam saja.

 

1980

Charles mulai berkencan dengan Putri Diana, sosok berdarah bangsawan yang dianggap cocok menjadi calon Ratu Inggris. Meski begitu, ia tetap dekat dengan Camilla. Putri Diana dan Camilla sempat terlihat sama-sama menghadiri pertandingan pacuan kuda Charles pada tahun ini.

 

29 Juli 1981

Raja Charles dan Putri Diana menikah. Perhelatan akbar ini disebut sebagai “Pernikahan Abad Ini.” Camilla menghadiri acara ini bersama anaknya, Tom Parker Bowles.

Dari pernikahan ini lahir Pangeran William pada 1982 dan Pangeran Harry dua tahun setelah abangnya. 


Badai Perselingkuhan hingga Tampongate

Ratu Camilla dan Raja Charles pada 2014. (Carl Court, Pool Photo via AP, file)
Ratu Camilla dan Raja Charles pada 2014. (Carl Court, Pool Photo via AP, file)

1986

Raja Charles dikabarkan kembali berselingkuh dengan Camilla. Penulis buku Diana: Her True Story, Andrew Morton, mengatakan Diana tahu kelakuan suaminya dan sempat mengatakan hal ini kepada Camilla.

“Aku takut pada (Camilla) ... aku berkata, 'Aku tahu apa yang terjadi antara kamu dan Charles dan aku cuma ingin kamu tahu itu’. Dia berkata kepada saya, 'Kamu memiliki semua yang kamu inginkan. Semua pria di dunia jatuh cinta padamu dan kamu memiliki dua anak yang cakep, apa lagi yang kamu inginkan?' … Lalu aku berkata, “Aku menginginkan suamiku'," begitu pengakuan Putri Diana.

 

9 Desember 1992

Pangeran Charles dan Putri Diana mengumumkan perpisahan. Namun perceraian secara sah belum dilakukan, dan pasangan ini masih beberapa kali tampil bersama dalam acara kerajaan.

 

17 Januari 1993

Rekaman telepon Charles dan Camilla bocor, dan transkripnya dipublikasikan tabloid Inggris. Panggilan telepon ini terjadi pada 1989 saat keduanya masih sama-sama menikah, dan percakapan di dalamnya sangat vulgar.  

Dilansir dari Time, salah satu hal yang diucapkan Charles adalah ia ingin dilahirkan kembali sebagai (maaf) tampon Camilla. Karena itu, skandal ini dijuluki "Tampongate."

 

1994

Charles mengaku perselingkuhan dengan Camilla dalam interviu dengan ITV. “Nyonya Parker Bowles adalah sahabatku…temanku sejak sangat lama. Ia akan tetap menjadi temanku untuk waktu yang lama,” kata Charles kala itu.

 


Mulai Terang-terangan

Pangeran Charles dan Camilla pada 1999. ((AP Photo/Alastair Grant, File))
Pangeran Charles dan Camilla pada 1999. ((AP Photo/Alastair Grant, File))

11 Januari 1995

Camilla dan Andrew Parker Bowles bercerai karena alasan ketidakcocokan. Pada tahun yang sama bulan Oktober, Camilla dan Charles datang bersama dalam sebuah pesta ultah.

 

20 November 1995

Putri Diana tampil dalam wawancara Panorama yang terkenal, membicarakan affair dirinya dengan James Hewitt, dan juga perselingkuhan Charles dengan Camilla. Ia mengaku sangat ingin pernikahannya berjalan mulus, dan hubungan haram Charles membuatnya merasa tak berguna, tak punya harapan, dan gagal.

Perceraian keduanya difinalisasi pada 28 Agustus 1996, dan setahun setelahnya Putri Diana meninggal dalam kecelakaan mobil.

 

1998

Pangeran William dikabarkan bertemu dengan Camilla untuk pertama kalinya. Ratu Elizabeth II juga disebut-sebut tak setuju dengan Camilla yang ia juluki sebagai “wanita jahat” itu.

 

1999

Charles dan Camilla pertama kali muncul di hadapan publik sebagai pasangan, saat menghadiri pesta saudari Camilla di Ritz Hotel London. Setahun setelahnya, Ratu Elizabeth terlihat makan siang bersama Charles dan Camilla, menandakan hubungan mereka yang menghangat.


Menikah dan Dinobatkan Jadi Raja dan Ratu Inggris

[Bintang] Pangeran Charles dan Camilla
Pernikahan Pangeran Charles dengan Camilla. (AFP/Bintang.com)

10 Februari 2005

Camilla dan Charles mengumukan pertunangan. Keduanya sudah hidup bersama di Clarence House sejak 2003. Keduanya menikah tak lama kemudian, pada 9 April 2005 dan Camilla mendapat gelar  Duchess of Cornwall.

 

5 Februari 2022

Beberapa bulan sebelum kematiannya, Ratu Elizabeth mengungkap dukungan untuk Camilla mendapat gelar Queen Consort saat mendampingi Charles naik takhta.

“Dalam waktu yang paripurna dan putra saya Charles menjadi Raja, saya tahu kalian semua akan memberikan ia dan istrinya, Camilla, dukungan yang sama seperti yang telah diberikan kepada saya. Dan ini adalah keinginan tulus saya, bahwa ketika saatnya tiba, Camilla akan menjadi dikenal sebagai Permaisuri, selama ia menjalankan tugas setianya,” begitu pernyataan mendiang, pada malam Accession Day.

 

8 September 2022

Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Charles mendapat gelar sebagai Raja, sementara Camilla digelari Permaisuri Inggris.

 

6 Mei 2023

Raja Charles dinobatkan dalam sebuah seremoni yang digelar di Westminster Abbey. Dalam undangan resmi acara ini, gelar Camilla tak lagi permaisuri. Ia disebut sebagai Ratu Camilla.

Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sederet Simbol Kerajaan Inggris di Penobatan Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya