Ganjar Pranowo Menanggapi Foto Hoaks Mesra dengan Mantan Bintang Film Dewasa Jepang Miyabi: Ternyata Masih Ada Black Campaign

Ganjar Pranowo meluapkan reaksinya atas beredarnya foto hoaks yang menampilkan dirinya dengan Maria Ozawa alias Miyabi.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 16 Mei 2023, 14:54 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 14:54 WIB
Gaya Ganjar Pranowo Nonton Megadeth di Jogjarockarta 2018
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar datang untuk menyaksikan Band thrash metal asal AS Megadeth dan sejumlah musisi tanah air. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Liputan6.com, Jakarta Sosok Gubernur Jawaa Tengah Ganjar Pranowo sempat diterpa isu hoaks dengan beredarnya sebuah foto editan setelah PDIP mengusungnya sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024. Dalam foto yang bermunculan di media sosial itu, Ganjar Pranowo seolah berciuman dengan Maria Ozawa alias Miyabi, salah satu mantan bintang film dewasa Jepang.

Rupanya, foto hoaks tersebut sudah dilihat secara langsung oleh Ganjar Pranowo. Namun, Gubernur Jawa Tengah itu tak langsung menyampaikan reaksinya kepada publik. Hingga dalam sebuah bincang-bincang terbaru, Ganjar Pranowo akhirnya buka suara perihal hoaks fotonya dengan Miyabi.

Menyimak perbincangan dengan Andy F Noya dalam program televisi Kick Andy, Ganjar Pranowo meluapkan reaksinya atas beredarnya foto hasil rekayasa tersebut. Rupanya Ganjar Pranowo tak terlalu mempermasalahkan mengenai siapa yang menyebarkan foro hoaks Maria Ozawa mesra dengan dirinya.

Namun begitu, Ganjar Pranowo tetap menilai bahwa cara-cara tersebut masuk dalam kategori tindakan yang "sadis dan bengis". Bahkan, Ganjar juga menganggapnya sebagai salah satu black campaign menjelang pemilihan presiden (pilpres) RI pada Pemilu 2024 yang akan datang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Reaksi Ganjar Pranowo Terhadap Foto Hoaks dengan Miyabi

Maria Ozawa alias Miyabi, mantan bintang panas yang kini sudah pensiun. (Instagram @maria.ozawa0108)
Maria Ozawa alias Miyabi, mantan bintang panas yang kini sudah pensiun. (Instagram @maria.ozawa0108)

Pada saat ditanya mengenai foto hoaks tersebut, Ganjar juga menyebut bahwa ada beberapa orang yang memperlihatkannya secara langsung.

"Salah satu yang beredar di media sosial terutama, foto mesra anda dengan Maria Ozawa, seorang bintang film dewasa yang lebih dikenal dengan Miyabi... Foto di mana itu?" tanya Andy F. Noya mengutip program Kick Andy yang diunggah melalui kanal YouTube METRO TV, diunggah Senin (15/5/2023).

"Jadi sudah sesadis itu ternyata, sebengis itu ternyata. Saya dikirimi orang-orang, mas Ganjar sudah lihat ini? Tapi ada kok yang membandingkan dengan foto yang lain (asli)," ujar Ganjar Pranowo.

 


Dianggap sebagai Black Campaign oleh Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Istimewa)

Selanjutnya, Ganjar Pranowo menilai beredarnya foto tersebut merupakan bagian dari black campaign alias kampanye hitam jelang Pemilu 2024.

"Jadi ternyata, orang dalam berpolitik masih menggunakan black campaign. Sebenarnya kalau mau menggunakan negative campaign, saya masih bisa oke," ujar Ganjar Pranowo, disusul pertanyaan bedanya black campaign dan negative campaign.

"Kalau black campaign lebih kepada hoaks. Kalau negative campaign mungkin, 'Ganjar tidak berhasil dalam sektor A, sektor B, sektor C.' Itu boleh, karena data kemudian bisa ditampilkan dengan baik-baik. Tapi kalau black campaign, saya kira sudah mengarah pada hoaks dan fitnah," jelas Ganjar Pranowo.

Ditanya mengenai apakah Ganjar Pranowo akan mengambil tindakan terhadap penyebar pertama foto hoaks tersebut, sang gubernur memilih untuk membiarkannya saja.

"Saya biarkan saja. Satu, saya tidak kenal orangnya. Dua, kelak kemudian itu akan menjadi catatan dari yang lain... Jadi artinya kita bisa kok membawa sebuah perdebatan gagasan menarik yang bikin rakyat antusias daripada sekadar fitnah," ujarnya.

 


Foto Hoaks Ganjar Pranowo dan Miyabi yang Menghebohkan Publik

Salah satu foto hoaks Ganjar Pranowo dan Miyabi, diunggah melalui akun Facebook. Tampak foto hoaks itu diunggah pada 2 Mei 2023.

Dalam unggahan foto Ganjar Pranowo seolah sedang mencium Maria Ozawa itu, disertai narasi, "Ganjar - Maria Ozawa, Petugas Partai Pemain B****, B**** Megawati, B***** Cina dan B***** Olilarki".

Akun tersebut juga menambahkan narasi, "Calon presidennya indonesia, Klo aku sih NO."

 


Fakta Foto Asli yang Digunakan untuk Hoaks Ganjar Pranowo dan Miyabi

Faktanya, dalam foto asli, pria yang mencium bukanlah Ganjar Pranowo. Kesamaan terdapat pada baju yang dikenakan dan juga wanita yang dicium.

Penampakan foto asli itu bisa ditemukan dalam website Dreamstime.com. Selain itu, foto asli juga ditemukan dalam website freeart.com. Foto itu diunggah oleh Antonio Guillem.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa unggahan foto yang diklaim Ganjar Pranowo sedang mencium Maria Ozawa adalah hoaks. Faktanya, foto itu merupakan hasil editan.

Infografis Nomor Urut 18 Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Nomor Urut 18 Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya