Perjalanan Inspiratif Hanna Arinawati, Pengembangan Diri Dari Selebgram hingga Pembicara Publik

Pada usianya yang sangat muda, Hanna Arinawati telah mengantongi banyak prestasi serta cita-cita yang mulia nan bermanfaat bagi orang lain.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 21 Mei 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2023, 15:10 WIB
Hanna Arinawati
Selebgram dan pembicara publik Hanna Arinawati. (Dok. IST)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bakat, prestasi dan penampilan yang menarik tentunya menjadi impian banyak orang. Hal inilah yang dirasakan oleh Hanna Arinawati, perempuan cantik lulusan Sarjana Hukum, Universitas Indonesia.

Hanna kerap dipercayai sebagai pembicara publik pada webinar di tingkat nasional yang digelar oleh berbagai kampus di Indonesia seperti Universitas Airlangga, Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya dan juga berbagai organisasi kampus.

Hanna Arinawati atau yang akrab disapa Hanna, bisa dibilang layak untuk dijadikan inspirasi bagi generasi muda. Pada usianya yang sangat muda, ia telah mengantongi banyak prestasi serta cita-cita yang mulia nan bermanfaat bagi orang lain.

Usai menyelesaikan studi S1 Hukum di Universitas Indonesia tahun 2022, perempuan kelahiran Jakarta, 23 Desember 2000 ini, tengah melanjutkan Magister Kenotariatan di kampus yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Keluarga dan Kiprah Hanna Arinawati

Hanna Arinawati
Selebgram dan pembicara publik Hanna Arinawati. (Dok. IST)

Lahir dalam keluarga yang menganut agama Islam, Hanna bertempat tinggal di Jalan Alternatif Cibubur, Depok, Jawa Barat. Selain melanjutkan studinya, Hanna berprofesi sebagai Selebgram, Influencer, Self Development and Mental Health Public Speaker.

Meski tidak mudah menjalaninya, Putri bungsu dari pasangan Ahmad Bunyamin dan Etna Lisnawati ini mengaku sangat bahagia dengan semua yang dilakukannya selama ini.

Hanna kerap menekankan kepada audiensnya untuk tidak mudah menyerah karena setiap orang memiliki kesempatan untuk dapat berkembang lebih baik dan harus bersyukur dengan diri kita apa adanya termasuk kekurangan dan kelebihan di dalamnya. 

 


Content Creator yang Menginspirasi

Memiliki perawakan yang ceria membuatnya sangat cocok menjadi selebgram dan content creator yang memberikan energy positif. Sesuai dengan harapannya yang ingin memberikan pengaruh yang luas dan positif dengan konten inspiratif dan edukatif.

Hanna mengikuti passionnya di bidang content creator dengan terus berupaya menampilkan berbagai konten yang positif, menarik dan pastinya inspiratif. Tidak heran jika dia juga meraih banyak prestasi dalam dunia entertainment.

Ia terpilih sebagai Acnes Girl Search 2021, menjadi Brand Ambassador Acnes Skin Care (Rohto-Mentholatum Group) dan juga sebagai Brand Ambassador Xrista Skin Clinic.

Bukan itu saja, Hanna juga melebarkan sayapnya di bidang mental health dan pengembangan diri, Hanna merasa hal tersebut sangat penting untuk menjadi perhatian semua orang apalagi berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. 

Menurutnya, kesehatan mental yang terganggu hanya akan membuat setiap orang tidak nyaman dan menjadi penghambat jalan menuju kesuksesan atau tujuan baik itu karir maupun pendidikan.

 


Menjadi Public Speaker Versi Hanna Arinawati

Semua bermula saat Hanna diminta mengisi webinar tingkat nasional dan live instagram sebagai pembicara. Ia diminta untuk berbagai pengalamannya yang bisa menjadi Mahasiswa Berprestasi di Fakultas Hukum UI.

Dengan senang hati Hanna membagikan bagaimana cara dirinya untuk menyeimbangkan aktivitas akademik dan non akademik serta tips untuk belajar efektif dan sebagainya. 

Ia pun kemudian semakin sering diundang menjadi public speaker hingga membuatnya merasa semakin percaya diri dan mendapat banyak pengalaman yang berharga.

Hanna menyadari bahwa tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berani tampil menjadi public speaker. Walaupun begitu, public speaking menurutnya dapat dilatih dan dikembangkan melalui mindset yang positif, percaya diri, dan  pengamalan.

Oleh karena itu dia sangat mendorong orang lain untuk bisa menggali kemampuan tersebut. “Public speaking dapat dilatih dengan membangun kepercayaan diri melalui mindset dan dilakukan secara berulang-ulang kemudian kuasai materi yang akan disampaikan”, ujarnya.

 


Asisten Dosen yang Merangkul Mahasiswa

Terpilih menjadi asisten dosen dan prestasi yang banyak tak lantas menjadikannya pribadi yang sombong. Hanna justru lebih memilih untuk melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada teman-temannya yang lain agar membuat mereka nyaman.

Hanna juga tak ragu untuk menanyakan kabar dan mencoba membantu mahasiswa yang kesulitan dengan materi mata kuliah. Ia sangat menyadari bahwa asisten dosen merupakan penghubung dosen dengan mahasiswa sehingga memerlukan pendekatan yang lebih menyenangkan.

Kedepannya Hanna berencana untuk lebih fokus menekuni bidang yang sangat dia sukai yaitu entertainment sebagai content creator, self development and mental health public speaker dan juga dunia perfilman. Hal ini tak lain untuk terus memberikan dampak positif untuk masyarakat Indonesia khususnya kalangan muda. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya