Sinopsis The Devil on Trial: Membunuh karena Iblis, atau Tipu Muslihat Ed dan Lorraine Warren?

The Devil on Trial yang mulai tayang di Netflix pada Selasa (17/10/2023), diungkap latar belakang dan kejadian setelah pengadilan Arne Cheyenne Johnson, yang mengaku membunuh karena dirasuki iblis.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 19 Okt 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 19 Okt 2023, 16:00 WIB
The Devil on Trial. (Netflix)
The Devil on Trial. (Netflix)

Liputan6.com, Jakarta Kiprah suami istri pemburu hantu Ed dan Lorraine Wayne kembali muncul, kali ini dalam bentuk film bertajuk The Devil on Trial.

Ini bukan film horor seperti The Conjuring yang kembali meroketkan nama pasangan ini. Tapi film dokumenter yang mengangkat cerita di balik kisah nyata yang diangkat dalam salah satu serinya, yakni The Conjuring: The Devil Made Me Do It.

The Devil on Trial yang mulai tayang di Netflix pada Selasa (17/10/2023), diungkap latar belakang dan kejadian setelah pengadilan Arne Cheyenne Johnson, yang mengaku membunuh karena dirasuki iblis.

Berikut sinopsis The Devil on Trial.

Semua berawal pada tahun 1980-an, saat Arne menjalin kisah asmara dengan anak perempuan keluarga Glatzel, Debbie. Karena hubungan mereka makin serius, pasangan ini memutuskan untuk tinggal bersama di sebuah rumah sewaan.

Seluruh adik-adik Debbie dikerahkan untuk ikut membersihkan tempat tinggal baru tersebut.

Ada Alan, Carl, dan si bungsu David. Hanya saja, David mengalami sebuah kejadian mengerikan saat sedang menyapu di lantai atas. Tak sampai di situ, kengerian juga mengikutinya sampai ke rumah.

Karea kondisi makin parah, Nyonya Glatzel akhirnya minta bantuan pemuka agama setempat hingga suami istri Ed dan Lorraine Warren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kejadian Saat Eksosis

Anak-anak keluarga Glatzel dan Arne Cheyenne Johnson (berkaus hitam) di The Devil on Trial. (Netflix)
Anak-anak keluarga Glatzel dan Arne Cheyenne Johnson (berkaus hitam) di The Devil on Trial. (Netflix)

Seorang cardinal dari gereja kemudian diutus untuk menangani masalah David. Hanya saja, ketika eksorsis dilakukan, David kembali kumat. Ia tak hanya mengucap kata-kata makian, tapi juga terlihat mulai tercekik dan tak bisa napas.

Arne yang ikut menyaksikan kejadian ini, secara spontan meminta iblis meninggalkan tubuh David. Sebagai gantinya, makhluk halus ini dipersilakan masuk ke tubuhnya. Hasilnya, David menjadi tenang. Ia bahkan kembali normal.

 


Lorraine Warren Ketakutan

Arne Cheyenne Johnson di The Devil on Trial. (Netflix)
Arne Cheyenne Johnson di The Devil on Trial. (Netflix)

Meski keluarga Glatzel tenang, tidak demikian dengan Lorraine Warren. Ia justru ketakutan atas tindakan Arne yang menantang Iblis. Ia meyakini makhluk jahat itu tidak akan langsung bertindak.

"Iblis akan menunggu saat kamu lemah dan lengah," kata Lorraine Warren dalam salah satu rekaman videonya.

Beberapa bulan setelah eksorsis diakukan, Arne menusuk pemilik rumah sewanya, Alan Bono. Ia mengklaim pembunuhan ini karena pengaruh iblis. Pembelaannya ini, jelas membuat Amerika gempar, dan kasusnya kerap disebut sebagai Devil Made Me Do It.


Review Singkat The Devil on Trial

Seperti umumnya film dokumenter, The Devil on Trial menampilkan wawancara dengan beragam pihak yang terlibat dengan kasus ini. Mulai dari anggota keluarga Glatzel, cucu Ed-Lorraine Warren, hingga petugas kepolisian, wartawan, dan pengacara yang terlibat dalam persidangan.

Masing-masing pihak menampilkan sudut pandangnya, yang tak jarang unik. Termasuk putra sulung Carl Glatzel, yang meyakini Ed dan Lorraine Warren adalah penipu yang cuma ingin mengeruk cuan. Hal lain yang menarik adalah ditampilkannya rekaman yang terjadi kala itu--termasuk saat David diklaim tengah kerasukan.

Pada ahirnya, The Devil on Trial memang tak memberikan konklusi apakah Arne benar-benar mebunuh karena pengaruh iblis atau tidak. Semua tergantung kesimpulan masing-masing para pemirsa. 

Infografis Pasangan Paranormal
Pasangan paranormal di balik film-film horor (liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya