Pudar Gazza Viral di Malaysia Berkat Lagu Suci, Ternyata Ada Kenangan Mantan Kekasih dalam Liriknya

Lagu Suci berhasil membuat nama Pudar Gazza terkenal di Malaysia hingga menjadi trending di YouTube Negeri Jiran.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 16 Jun 2024, 17:58 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2024, 10:30 WIB
Penyanyi Aceh Pudar Gazza
Penyanyi asal Aceh, Putra Munandar, yang dikenal sebagai Pudar Gazza, di Tapos, Depok, Jawa Barat. (Dok. IST/Dipro)

Liputan6.com, Jakarta Nama Pudar Gazza, penyanyi muda asal Aceh, kini tengah menjadi sorotan di media sosial. Pudar Gazza makin dikenal sejak lagu barunya, "Suci", viral lantaran digunakan untuk beberapa konten. Beberapa penyanyi cover pun jadi viral setelah menyanyikan lagu ini.

Bahkan, "Suci" berhasil membuat nama Pudar terkenal di Malaysia karena banyaknya masyarakat Negeri Jiran yang menyukainya. Dampaknya, lagu "Suci" sempat menjadi trending di YouTube Malaysia. Nama Pudar Gazza sebagai penyanyi genre pop Melayu makin diperhitungkan.

"Suci" merupakan single kedua Pudar Gazza yang berkisah mengenai kisah cinta seorang pria dengan wanita bernama Suci yang tiba-tiba menghilang dari hidupnya. Rupanya, lagu ini terinspirasi dari sosok masa lalu Pudar Gazza, yakni mantan kekasihnya saat ia masih SMP.

Lagu yang dibuat sendiri oleh pemilik nama Putra Munandar ini, tak hanya menyorot soal kehilangan. Namun juga sejumlah ungkapan perasaan yang lain. Judul lagu yang berasal dari nama mantan kekasihnya pun mewakili semua perasaan pedih di dalam hatinya itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tersimpan Kenangan Mantan

Penyanyi Aceh Pudar Gazza
Penyanyi asal Aceh, Putra Munandar, yang dikenal sebagai Pudar Gazza, di Tapos, Depok, Jawa Barat. (Dok. IST/Dipro)

Lebih lanjut, Pudar Gaza juga mengatakan bahwa dirinya pernah berpacaran selama lima tahun dengan mantan kekasihnya itu. Ia juga menyiratkan lagu "Suci" menyimpan kenangan terhadap wanita yang pernah mengisi hatinya itu.

"Ini lagu ciptaan saya sendiri. Suci itu nama mantan saya, zaman SMP. Pacaran lumayan lama, 5 tahun. Selalu terbayang-bayang (sosok mantan saat menyanyikannya)," ujar Pudar Gazza kepada Showbiz Liputan6.com di Careba Coffee 21, Tapos, Depok, Jawa Barat, Jumat (16/6/2024).

"Karena di lagu 'Suci', menceritakan tentang kehilangan, penyesalan, dan perjanjian. Jadi karena terlalu rumit untuk dijadikan satu judul, ya sudahlah, simpel saja, suci saja. Karena berhubung nama mantan saya itu Suci. Kenangan tentang dia saja," sambungnya.

 


Sempat Terpikir Bakal Trending

Penyanyi Aceh Pudar Gazza
Penyanyi asal Aceh, Putra Munandar, yang dikenal sebagai Pudar Gazza, di Tapos, Depok, Jawa Barat. (Dok. IST/Dipro)

Lagu "Suci" viral di Malaysia hingga trending di YouTube Malaysia, Pudar Gazza tak menampik sempat terpikir lagu baru ini bakal meledak setelah ia rekaman. Bukan sekadar percaya diri, Pudar Gazza mengaku selama rekaman sangat menghayati makna dari lirik lagu buatannya.

"Pertama rilis, ada pikiran kayak gitu (bakal viral). Karena, yang pertama kan punya single, cuma enggak begitu naik. Single pertama itu nyanyinya enggak pakai rasa, begitu-begitu saja," ujar Pudar Gazza.

"Cuma di lagu yang kedua ini, 'Suci', nyanyinya itu benar-benar ingat dia. Makanya kayak kepikiran, 'Wah ini naik nih,'" sambungnya mengungkapkan.

 


Terbantu Seorang Teman

Menurut Pudar Gazza, lagunya ini tak serta merta viral setelah dirilis. Butuh waktu berbulan-bulan hingga akhirnya sampai ke telinga publik Malaysia. Hal itu pun tak lepas dari bantuan salah seorang teman satu kampung halamannya yang bernama Muhammad Rasyid.

"Sebelum viral di TikTok, jadi ada teman namanya Muhammad Rasyid, satu perantauan juga, dari kampung sama dia berdua. Jadi, dibuatlah speed up sama dia. Virallah di akun dia. Iseng-iseng berhadiah sih awalnya," terang Pudar Gazza secara jujur.

Setelah viral, dari situlah sosok Pudar Gazza makin terkenal dan mulai banyak orang yang berkomentar untuk sekadar menyapa maupun bertanya. "Pastinya lebih dikenal banyak orang dan orang-orang bertanya, 'Itu Suci cuma sekadar lagu atau punya kisah tertentu?' Banyak yang bertanya," ungkapnya.

 


Sudah Punya Modal Besar

Di mata Irpan Jaelani selaku produser lagu "Suci", Pudar Gazza sudah memiliki modal besar berupa talenta yang cukup matang lantaran sejak ia masih kecil, orangtuanya berkiprah sebagai penyanyi. Irpan Jaelani dan timnya pun tak perlu repot-repot lagi dalam memoles Pudar Gazza.

"Karena memang Pudar ini senang nyanyi, lihat orangtuanya nyanyi-nyanyi, dia punya dasar sendiri. Enggak sulit juga mengarahkannya karena dia sudah paham dengan cara menyanyi yang baik," ujar Irpan Jaelani saat mendampingi Pudar Gazza pada kesempatan yang sama.

"Jadi kami cuma bisa support dia dari segi produksi, mengarahkan ke hal-hal yang lebih baik saja. Mungkin poles-poles sedikit saja," sambungnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya