Donald Sutherland Meninggal Dunia, Aktris Hellen Mirren hingga PM Kanada Justin Trudeau Berduka

Presiden AS Joe Biden juga mengungkap dukacita atas meninggalnya aktor veteran Donald Sutherland.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 21 Jun 2024, 08:30 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2024, 08:30 WIB
Donald Sutherland (Chris Pizzello/Invision/AP, File)
Presiden AS Joe Biden juga mengungkap dukacita atas meninggalnya aktor veteran Donald Sutherland.(Chris Pizzello/Invision/AP, File)

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar kematian Donald Sutherland menyentak banyak pihak, terutama sejawatnya dari dunia perfilman Hollywood. Sejumlah nama kondang, langsung mengungkap pernyataan dukacita, tak lama setelah kabar Donald Sutherland meninggal dunia dipublikasikan.

Salah satunya aktris kawakan Helen Mirren, lawan main Donald Sutherland dalam The Leisure Seeker, yang menyebut mendiang salah satu aktor tercerdas yang pernah berkolaborasi dengannya.

“Dia memiliki rasa ingin tahu dan pengetahuan yang luar biasa dalam berbagai hal. Dia menggabungkan kecerdasan luar biasa ini dengan kepekaan mendalam, serta keseriusan terhadap profesinya sebagai aktor. Ini semua membuatnya menjadi sosok legenda dalam perfilman,” kata Helen Mirren, diwartakan Variety.

Sutradara Baby Driver dan Hot Fuzz, Edgar Wright, menyebut mendiang aktor favoritnya yang memiliki daya tarik tersendiri di atas layar. Ia memajang daftar karya sang aktor yang meninggalkan kesan mendalam, mulai dari Don’t Look Now hingga Dr Terror’s House Of Horrors.

Aku sedih mengetahui engkau berpulang, Donald, tapi warisan yang kamu tinggakan sungguh luar biasa,” ungkapnya.

Sutradara Ron Howards, Matt Reeves, penulis Margaret Atwood, hingga aktor dan aktris seperti Rob Lowe, Henry Wrinkler, Natalie Zea, serta Timothy Hutton, ikut mengucap belasungkawa.

Bahkan politisi seperti Joe Biden dan Justin Trudeau juga memberikan ucapan dukacita atas kematian pemeran President Snow di Hunger Games tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ucapan Dukacita Joe Biden dan Justin Trudeau

Donald Sutherland pada 2018. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)
Donald Sutherland pada 2018. (Jordan Strauss/Invision/AP, File)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menuliskan ucapan belasungkawa lewat akun X atau Twitter miliknya.

"Donald Sutherland adalah seorang suami penuh cinta, ayah, kakek, dan aktor unik yang menginspirasi dan menghibur dunia sepanjang beberapa dekade. Pikiranku tertuju pada keluarganya dan semua orang yang mencintainya," tuturnya.

PM Kanada Justin Trudeau juga membagikan ucapan dukacita ini lewat media sosialnya. "Kita kehilagan salah satu dari para sosok terhebat. Donald Sutherland membawa sisi brilian dari dirinya dalam karya-karya yang sulit ditandingi. Sosok aktor legendaris yang cemerlang—dan orang Kanada yang luar biasa. Pikiranku tertuju pada orang-orang yang dicintainya. Rest in peace, Donald," tulisnya.


Dukacita Kiefer Sutherland

Donald Sutherland dan sang anak, Kiefer Sutherland. (Matt Sayles/Invision/AP, File)
Donald Sutherland dan sang anak, Kiefer Sutherland. (Matt Sayles/Invision/AP, File)

Anak Donald Sutherland, aktor Kiefer Sutherland, juga telah menyampaikan rasa duka atas kepergian sang ayah.

“Dengan hati berat, aku ingin mengatakan kepada kalian bahwa ayahku, Donald Sutherland, telah meninggal dunia. Secara personal, menurutku ia adalah salah satu aktor paling penting dalam sejarah perfilman,” kata bintang film Stand by Me tersebut.

Kiefer Sutherland menambahkan, “Ia tak pernah gentar menghadapi suatu peran yang baik, buruk atau jelek. Dia mencintai apa yang ia lakukan, dan melakukan apa yang ia cintai, tak bisa menuntut lebih dari ini. Kehidupannya dijalani dengan baik.”


Perjalanan Hidup Donald Sutherland

Seperti diketahui, Donald Sutherland meninggal dunia di Miami pada Kamis (20/6/2024), dalam usia 88 tahun setelah mengalami sakit panjang.

Donald Sutherland adalah aktor kelahiran New Brunswick, Kanada, pada 17 Juli 1935. Sepanjang kariernya, ia telah terlibat dalam hampir 200 proyek film, TV, hingga video game.

Salah satu perannya yang paling awal meroketkan namanya adalah The Dirty Dozen (1967), serta Kelly's Heroes dan  M*A*S*H (1970). Ia juga tampil dalam film terbaik di Piala Oscar 1981, Ordinary People.

Sejumlah film sukses yang ia bintangi dalam satu dekade terakhir seperti Ad Astra dan The Hunger Games.

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya