Cerita Lucu Marcell Darwin Salat Berjamaah Pertama Kali Setelah Jadi Mualaf

Marcell Darwin belum tahu tata cara salat berjamaah. Salah satunya soal merapatkan shaf.

oleh Zulfa Ayu Sundari diperbarui 06 Jul 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 21:00 WIB
Marcell Darwin
Marcell Darwin belum tahu tata cara salat berjamaah. Salah satunya soal merapatkan shaf. (Foto: YouTube/ kasisolusi)

Liputan6.com, Jakarta Marcell Darwin memiliki pengalaman menarik saat salat berjamaah pertama kali dalam hidupnya setelah menjadi mualaf pada akhir 2019 silam. Kala itu, dia belum tahu tata cara menjalani salat berjamaah di masjid.

Karena keterbatasan pengetahuan, suami Nabila Faisal tersebut salat tanpa mengikuti shaf. Hal ini dia ceritakan secara detail lewat podcast kasisolusi yang dikutip pada Sabtu (6/7/2024).

“Sama dia (istri) tuh suka nggak kasih tahu yang penting-penting. Kayak gue waktu itu mau salat berjamaah di Kemang Village, itu pertama kali gue mau salat jamaah, gue enggak dikasih tahu kalau salat berjamaah harus rapat shafnya,” ujar Marcell Darwin.

“Gue enggak rapat, gue mojok sendirian di belakang, gue ditarik sama bapak-bapak ‘Nggak Pak, saya di sini aja, Bapak aja yang di situ, tapi kita jamaah’,” sambung ayah satu anak tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengikuti Arahan Merapatkan Shaf

Marcell Darwin (Instagram/marcelldarwin)
Marcell Darwin (Instagram/marcelldarwin)

Jamaah itu pun menasihati Marcell untuk salat mengikuti shaf dan merapatkan barisannya. Setelah sempat kebingungan, Marcell akhirnya mengikuti arahan bapak tersebut.

“Kata bapaknya nggak boleh nanti ada setannya, gue bilang kok jadi ada setan? Gue bilang lagi, saya mualaf Pak, saya takut salah. Akhirnya dikasih tahu kalau salat jamaah harus rapat, enggak boleh mencar sendiri. Oh ternyata gitu. Intinya istri gue nggak ngasih tahu kalau salat berjamaah harus rapat. Kirain ya datang, salat, ngikutin yang depan aja, kirain gitu,” ujarnya.


Salat Jumat Pertama Kali

Dia juga punya cerita sendiri saat menunaikan salat Jumat pertama kali. Dalam hal ini, sang istri tentu saja tidak bisa mengajarkan. Akhirnya, dia dibimbing oleh teman. Dalam kesempatan itu, temannya juga mengajarkan salat sunnah tahiyatul masjid.

“Pas pertama kali salat Jumat juga nanya, gimana caranya, kata dia ‘Mana aku tahu, aku kan cewek’ Ya benar sih, akhirnya gue salat Jumat sama tetangga gue, diajarin sama dia,” tuturnya.


Hafalan Surat Pendek

Hingga saat ini, Marcell Darwin masih terus menambah hafalan surat pendek yang dibimbing langsung oleh sang istri.

“Hafalan Al Kafirun, Al Ikhlas, Al Kautsar, An Nas, dan sekarang lagi belajar Al Falaq. Tiap malam sama anak gue kita kayak lagi belajar surat pendek setiap malam, Al Falaq kita belajar tuh gantian, dia (istri) jadi kayak guru ngajinya,” paparnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya