Hetty Koes Endang Tanggapi Somasi Terbuka Richard Kyoto Terkait Dugaan Pelanggaran Hak Cipta

Penyanyi senior Hetty Koes Endang menanggapi somasi terbuka yang dilayangkan musisi sekaligus pencipta lagu Richard Kyoto terkait dugaan pelanggaran hak cipta. Richard mensomasi Hetty Koes Endang karena diduga membawakan lagu ciptaanya yang berjudul "Kasih" tanpa izin.

oleh M Altaf Jauhar diperbarui 17 Jul 2024, 19:30 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 19:30 WIB
Hetty Koes Endang
Hetty Koes Endang

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi senior Hetty Koes Endang menanggapi somasi terbuka yang dilayangkan musisi sekaligus pencipta lagu Richard Kyoto terkait dugaan pelanggaran hak cipta. Richard mensomasi Hetty Koes Endang karena diduga membawakan lagu ciptaanya yang berjudul "Kasih" tanpa izin.

Hetty Koes Endang yang didampingi manajer sekaligus suaminya, Yusuf Faishal, menyebut somasi itu salah alamat. Menurutnya, somasi itu harusnya ditujukan ke pihak penyelenggara konser dan atau publisher yang merekam dan mendistribusikan DVD konser Hetty saat menyanyikan lagu tersebut.

"Somasi itu salah alamat, yang harus mereka somasi Universal music Malaysia dan Siti Nurhaliza Production. Kami sendiri tidak tahu isi persis somasi itu," ujar Yusuf melalui wawancara virtual, Rabu (17/7/2024).

"Topiknya aja sudah salah alamat, harus ke Malaysia mereka. Minimal ke Siti Nurhaliza Production sebagai panitia, Universal Music Malaysia, dan publisher sana. Itu yang benar, bukan ke penyanyi," Yusuf menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Pernah Bermasalah soal Izin Lagu

Richard Kyoto
Richard Kyoto

Yusuf mengatakan, sepanjang karir Hetty Koes Endang sebagai penyanyi, sudah ribuan lagu yang dinyanyikan di atas panggung. Selama ini Hetty tak berurusan untuk masalah perizinan, karena itu menjadi tanggungjawab pihak penyelenggara. Termasuk saat tampil di KonserSatu Suara Volume 2' di Malaysia tahun 2015.

"Tak ada izin ke pencipta lagu, kami berurusan dengan WAMI. Sudah ribuan Bunda nyanyi nggak ada urusan sama pencipta lagu. Jadi semua urusan lagu di atas panggung ya WAMI yang ngatur," jelas Yusuf.

 


Malaysia Punya Lembaga Manajemen Kolektif

Hetty Koes Endang yang didampingi manajer sekaligus suaminya, Yusuf Faishal
Hetty Koes Endang yang didampingi manajer sekaligus suaminya, Yusuf Faishal

Yusuf melanjutkan, Malaysia juga memiliki lembaga manajemen kolektif yang mengurus soal hak cipta. Dia menyebut Siti Nurhaliza selaku penyelenggara, sudah mengurus perizinan tersebut.

"Untuk perizinan pemakaian lagu itu sudah diurus Siti bersama dengan MACP (Music Author Copyright Protection). Jadi bukan penyanyinya yang mengurusi perizinan. Di sana sama sistemnya kayak Indonesia, jadi kami nggak ada urusan sama composer dan pencipta lagu. Jadi bisa dibilang, somasi Richard itu salah alamat," tutur Yusuf.

 


Belum Ada Komunikasi dengan Richard

Jumpa pers Richard Kyoto soal pelanggaran hak cipta
Jumpa pers Richard Kyoto soal pelanggaran hak cipta

Diakui Hetty, sementara ini belum ada komunikasi dengan pihak Richard Kyoto, sejak somasi terbuka itu dilayangkan. Namun Hetty sudah memberitahu Siti Nurhaliza tentang somasi ini.

"Sudah dan dia menyerahkan ke Universal Music Malaysia. Komunikasi (dengan Richard) tidak ada atau belum ada komunikasi sama sekali," ucap Hetty Koes Endang.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya