Bujet Festival Film Indonesia (FFI) 2013 Sentuh Rp 16,5 Miliar

Ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2013 siap digelar Desember mendatang. Dana untuk acara tersebut pun sudah siap, sekitar Rp16,5 miliar.

oleh Hernowo Anggie diperbarui 19 Jul 2013, 16:00 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2013, 16:00 WIB
konpers-ffi-130719b.jpg
Hajatan tahunan insan perfilman nasional Festival Film Indonesia (FFI) 2013 akan digelar pada Desember mendatang di Semarang, Jawa Tengah. Berbagai persiapan pun tengah dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Pemprov Semarang, selaku pihak penyelenggara, untuk menyukseskan ajang bergengsi tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah, Pak Bibit Waluyo untuk mempersiapkan pelaksanaan FFI 2013 yang akan berlangsung pada Desember nanti," jelas Armein Firmansyah selaku Direktur Pengembangan Industri Perfilman Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Budaya Kemenparekraf di Gedung Film, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Armein mengatakan, pemerintah sudah mengalokasikan dana taktis sekitar Rp16,5 miliar untuk digunakan pada seluruh rangkaian acara FFI 2013, yang terdiri dari proses seleksi nominasi, penyerahan Piala Vidia hingga Malam Puncak Penghargaan FFI 2013.

"Sejauh ini, kami sedang membahas mekanisme pelaksanaan FFI 2013 agar jauh lebih baik lagi dari pelaksanaan FFI terdahulu," janji Armein.

Seperti diketahui, proses pelaksanaan FFI 2012 yang digelar di Yogyakarta mendapat kritikan pedas dari sejumlah insan perfilman. Gubernur DI Yogyakarta, Sultan Hamengkubuwono X juga ikut mengomentari jalannya pelaksanaan FFI 2012 yang dinilainya jauh dari kata sempurna.

Salah satu hal yang mendapat perhatian khusus dari insan perfilman adalah perubahan desain Piala Citra yang terkesan merubah 'konsep' dari hajatan FFI, sebagai ajang untuk memberikan penghargaan bagi insan film. (Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya