Dinkes Surabaya Kembali Gunakan Asrama Haji untuk Pasien Covid-19

Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, hingga saat ini berdasarkan data tercatat masih ada sekitar 112 tempat tidur tanpa tekanan negatif yang siap digunakan.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Jan 2021, 20:28 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2021, 20:28 WIB
(Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Asrama haji di Surabaya (Foto: Dok Satpol PP Surabaya/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, Asrama Haji Surabaya siap digunakan kembali untuk merawat pasien Covid-19. Berdasarkan data tercatat masih ada sekitar 112 tempat tidur tanpa tekanan negatif yang siap digunakan.

"Kami mengimbau kepada rumah sakit untuk mengarahkan pasien di Asrama Haji apabila kondisi pasien sudah lebih baik," katanya dikutip dari Antara, Kamis (7/1/2020).

Menurut dia, langkah ini untuk mencegah terjadinya antrean panjang pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sejumlah rumah sakit di Surabaya.

"Kalau saya lihat pekan lalu dibandingkan sekarang sudah berkurang," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


50 Persen Non Surabaya

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Hermin menyebut hampir 50 persen rumah sakit di Kota Surabaya saat ini menerima rujukan pasien dari luar daerah.

Tidak hanya itu, keberadaan rumah sakit darurat, yakni Rumah Sakit Lapangan di Jalan Indrapura Surabaya juga cukup membantu dalam penanganan COVID-19. "Pasien-pasien orang tanpa gejala juga ditampung di tempat itu," ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Surabaya dBhramana Askadar. Ia menyampaikan sebenarnya pasien yang dirawat di rumah sakit di Surabaya ini tidak sepenuhnya berasal dari Surabaya.

"Saat ini kondisinya tidak 100 persen pasien adalah warga Surabaya," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya