Survei KIC tentang Air Minum Kemasan Ramah Lingkungan, Siapa Teratas?

Survei juga menemukan sebanyak 62,9% pernah membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan selama satu tahun terakhir.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Agu 2021, 17:04 WIB
Diterbitkan 24 Agu 2021, 15:15 WIB
Ilustrasi pengisian air kemasan Aqua. (Istimewa)
Ilustrasi pengisian air kemasan Aqua. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Survei Katadata Insight Center (KIC) tentang Persepsi Konsumen Terhadap Produk Berkelanjutan menunjukkan, masyarakat ingin membeli produk ramah lingkungan. Masyarakat yakin produk ramah lingkungan lebih menguntungkan bagi mereka. 

Berdasarkan hasil survei KIC yang dirilis Selasa (24/8/2021), merek air minum kemasan Aqua merupakan produk air minum kemasan yang paling diingat masyarakat sebagai produk ramah lingkungan di bandingkan merek lainnya.

Survei juga memperlihatkan bahwa dampak terhadap lingkungan dan kesehatan mulai menjadi faktor bagi konsumen ketika membeli produk baru. Dari hasil survei,  sebanyak 20,3% konsumen mempertimbangkan dampak lingkungan dan kesehatan ketika membeli suatu produk baru.

Survei  yang dilakukan daring pada 30 Juli – 1 Agustus 2021 ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Sustainability Action for the Future Economy (SAFE) 2021, yang bertujuan untuk membahas masalah serta solusi pembangunan ekonomi berkelanjutan. 

Responden dalam survei ini sebanyak 3.631 orang dalam rentang usia 17-60 tahun. Survei juga menemukan sebanyak 62,9% pernah membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan selama satu tahun terakhir.

Alasan utama tertinggi masyarakat dalam membeli produk ramah lingkungan adalah ingin melestarikan bumi, yakni sebesar 60,5%.  Sedang sebanyak 51,1% beralasan karena merasa suka/puas dengan menggunakan produk ramah lingkungan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jaga Keseimbangan

Survei ini menunjukkan sebanyak 62,9% masyarakat pernah membeli produk berkelanjutan/ramah lingkungan. Bagi mereka, syarat utama untuk menjadi produk berkelanjutan adalah produk yang ramah lingkungan dari produksi, bahan baku, sampai kemasan.

Corporate Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, hasil survei ini menunjukkan upaya Aqua dalam menjaga keseimbangan antara kegiatan bisnis dan sosial serta lingkungan mendapat apresiasi yang baik dari konsumen.

“Upaya Aqua sejalan dengan visi Danone tentang One Planet One Health dimana Danone percaya keterkaitan antara kesehatan manusia dan kesehatan planet. Danone senantiasa menjaga agar kegiatan usahanya tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya