PLN Pasang Genset Mobile 14,2 Megawatt Kurangi Byar Pet di Madura

Farqi berharap dengan beroperasinya genset mobile di Gardu Induk Sampang, pemadaman akan berkurang dan semakin banyak masyarakat Madura dapat menikmati listrik.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Mar 2022, 14:11 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2022, 14:11 WIB
Ilustrasi pemadaman listrik.
Ilustrasi pemadaman listrik. (iStockphoto)

Liputan6.com, Surabaya - PT PLN (Persero) memasang genset mobile 14,2 Megawatt (MW) di Gardu Induk Sampang Madura, sebagai antisipasi defisit daya listrik usai gangguan sejak Sabtu (27/2/2022).

"Sabtu ini mulai beroperasi secara bertahap. Dengan beroperasinya genset mobile ini akan mengurangi defisit daya, sehingga mengurangi dampak pemadaman bergilir di Pulau Madura," kata Manajer PLN UP3 Pamekasan M. Farqi Faris, Jumat (4/3/2022).

Gangguan kelistrikan di Pulau Madura mengakibatkan defisit beban sebesar 73,35 MW. Farqi menjelaskan mulai dari kedatangan, pengawalan hingga pemasangan genset mobile, PLN melibatkan 32 personel dari Surabaya dan sekitarnya.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengawalan dan dinas perhubungan selain untuk pengaturan lalu lintas juga sebagai titik transit di jembatan timbang di Sampang, sebelum genset masuk ke area Gardu Induk Sampang sehingga tidak mengganggu kelancaran lalu lintas," katanya.

Ia berharap dengan beroperasinya genset mobile di Gardu Induk Sampang, pemadaman akan berkurang dan semakin banyak masyarakat Madura dapat menikmati listrik.

 


72 Genset Mobile

Sebelumnya, PLN juga mendistribusikan 72 genset mobile dengan total daya 4.684,10 kVA untuk rumah sakit, pondok pesantren, masjid, puskesmas, kantor polisi, koramil dan kantor pelayanan publik lainnya.

Jaringan listrik ke Pulau Madura mengalami gangguan sebagai dampak kerusakan penghantar tegangan tinggi di Ujung, Bangkalan, yang mengakibatkan PLN kehilangan beban 73,35 MW.

Upaya lain, PLN membagikan emergency lamp (lampu darurat) kepada pondok pesantren, masjid, puskesmas, dan fasilitas pelayanan publik lainnya.

Tercatat sebanyak 4.950 lampu darurat telah terdistribusi kepada masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan penerangan sementara selama masa pemulihan gangguan.

General Manager PLN UID Jatim Lasiran koordinasi di jembatan Suramadu di titik trouble kabel di bawah rute motor arah Surabaya-Madura. (Instagram khofifah ip)
General Manager PLN UID Jatim Lasiran koordinasi di jembatan Suramadu di titik trouble kabel di bawah rute motor arah Surabaya-Madura. (Instagram khofifah ip)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya