Bupati Sumenep Achmad Fauzi Dukung Inpres Mobil Listrik, Ini Buktinya

Fauzi merupakan satu-satunya kepala daerah di Jatim yang telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya, bahkan jauh sebelum inpres ditandatangani.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 16 Sep 2022, 10:09 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 10:09 WIB
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Bupati Sumenep Achmad Fauzi. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendukung penuh Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbsis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mulai Selasa, 13 September 2022.

"Ini selaras dengan percepatan pelaksanaan program penggunaan atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk mencapai zero net emission pada 2060," kata Bupati Fauzi, Kamis (15/9/2022).

Fauzi merupakan satu-satunya kepala daerah di Jatim yang telah menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinasnya, bahkan jauh sebelum inpres ditandatangani.

Bupati berciri khas menggunakan blangkon itu diketahui mengendarai mobil listrik Hyundai Ionic berpelat M 1 VP.

Diakui Fauzi, sejak Presiden Jokowi menekan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dirinya sangat antusias ikut mensosialisasikan agar penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai ini lebih masif

"Sudah satu tahun lebih kami Konsistem dalam mendorong era kendaraan listrik serta penggunaannya," urainya.

Tidak hanya kendaraan roda empat, Bupati Fauzi juga telah memulai transisi penggunaan kendaraan roda dua bertenaga listrik untuk operasional kecamatan dan desa.

"Motor listrik sudah mulai kita uji coba di beberapa kecamatan dan desa, kedepan kita akan perkuat infrastukturnya," terangnya.


Kampanye Motor Listrik

Selain di instansi pemerintahan, Fauzi juga getol mengkampanyekan penngunaan mobil dan motor listrik kepada masyarkat luas. Hal ini dilakukan semata untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap kendaraan teknologi elektrifikasi yang ramah lingkungan dan biaya operasional yang ramah di kantong.

Bahkan Bupati Fauzi sadari awal meyakini akan kenaikin harga BBM, sehingga, penggunaan kendaraan listrik menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

"Kita sudah mulai mengajak masyarakat untuk beralih menggunakan mobil listrik satu tahun yang lalu, ini bagian dari upaya kita dalam rangka ramah lingkungan. Dan Alhamdulillah di Sumenep sudah banyak yang pakai sepeda motor listrik," ujarnya.

Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Banner Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya