Jelang Nataru 2023, Polisi Petakan Titik Rawan Kecelakaan dan Banjir di Situbondo

Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya menyatakan, sejumlah titik rawan macet di jalur Pantura Situbondo itu terdiri lima lokasi. Yakni sepanjang hutan Baluran, Kecamatan Asembagus, kawasan Kota Situbondo dan Kecamatan Panarukan.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 15 Des 2022, 21:08 WIB
Diterbitkan 15 Des 2022, 21:08 WIB
Satlantas Polres Situbondo mulai memasang rambu- rambu  rawan lakalantas di area hutan Taman Nasional Baluran (Istimewa)
Satlantas Polres Situbondo mulai memasang rambu- rambu rawan lakalantas di area hutan Taman Nasional Baluran (Istimewa)

Liputan6.com, Situbondo - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Situbondo mulai memetakan titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas (black spot) di sepanjang 110 KM di jalur Pantura Situbondo, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Selain itu, petugas lantas Polres Situbondo, juga memetakan titik rawan macet dan banjir di jalur pantura. Misalnya, seperti yang terjadi di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Situbondo.

Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya menyatakan, sejumlah titik rawan macet di jalur Pantura Situbondo itu terdiri lima lokasi. Yakni sepanjang hutan Baluran, Kecamatan Asembagus, kawasan Kota Situbondo dan Kecamatan Panarukan.

“Pemicu rawan macet di kelima titik tersebut beragam. Mulai jalan yang sempit, pasar tumpah, hingga penyebab lainnya. Mengacu pengalaman pada tahun sebelumnya, memang disejumlah titik tersebut dikenal sangat rawan,” ujar AKBP Andi Sinjaya. Kamis (15/12/2022).

Andi Sinjaya menambahkan, memang ada satu titik yang tidak bisa diprediksi kemacetannya, yaitu kawasan hutan Baluran. Di wilayah timur Kabupaten Situbondo dikenal akan macet jika ada kejadian, misalnya kecelakaan.

“Karena tidak bisa diprediksi jalur Baluran tersebut justru jadi perhatian khusus. Sebab, jika sampai terjadi kemacetan tidak ada alternatif lain,” ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dirikan Pos Pelayanan di Hutan Baluran

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di kawasan hutan Baluran Situbondo pihaknya akan mendirikan pos pelayanan.

“Pos gabungan tersebut berfungsi sebagai pelayanan dan pengamanan tersebut akan siaga selama 24 jam nonstop,” beber Andi.

Selain di kawasan Baluran, polisi juga mendirikan beberapa pos pengamaman dan pos pelayanan. Yakni di Asembagus, kota Situbondo, Pasir Putih, serta Banyuglugur.

“Untuk pemetaan black spot dan trouble spot bertujuan untuk memberikan aman dan nyaman kepada para pengendara kendaraan bermotor, yang sedang melintas di jalur pantura Situbondo terutama pada momen perayaan Natal dan tahun baru 2023 mendatang,” pungkas Kapolres Andi.

INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban
INFOGRAFIS JOURNAL_Fakta Soal Kejahatan Sosial Enginering yang Bobol Rekening Korban (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya