Wilayah Kota Banyuwangi Terendam Banjir Setinggi Orang Dewasa

Sejumlah permukiman warga di wilayah kota Banyuwangi mengalami banjir, Jumat (10/2/2023) malam. Data dari BPBD setempat ada 6 kelurahan yang terendam.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 11 Feb 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 11 Feb 2023, 16:00 WIB
Banjir merendam 6 Kelurahan di wilayah Banyuwangi kota , setelah diguyur hujan lebat selama 2 jam (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)
Banjir merendam 6 Kelurahan di wilayah Banyuwangi kota , setelah diguyur hujan lebat selama 2 jam (Hermawan Arifianto/Liputan6.com)

Liputan6.com, Banyuwangi Sejumlah permukiman di wilayah kota Banyuwangi mengalami banjir, Jumat (10/2/2023) malam. Data dari BPBD setempat ada 6 kelurahan yang terendam banjir.

Banjir terjadi usai wilayah tersebut dilanda hujan deras sejak pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB. Salah satu wilayah yang terdampak cukup parah terjadi di Lingkungan Lebak, Kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi.

Di wilayah itu ketinggian air mencapai leher orang dewasa atau sekitar 1,5 meter. Banjir di wilayah ini dipicu karena meluapnya Sungai Kalilo.

Ketua RT setempat, Tomhari mengatakan di wilayahnya kurang lebih ada 39 rumah yang terendam. "Banjir disini akibat luapan sungai Kalilo, kalau disini memang langganan," kata dia.

Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Warga berhasil dievakuasi sebelum air semakin meninggi. "Warga diungsikan ke tempat yang lebih aman, semua selamat. Hanya saja barang-barang  semua jelas rusak," ujarnya.

Pihaknya meminta pemkab Banyuwangi segera mengambil tindakan. "Kami minta pemkab segera memberi solusi, karena ini sering, kalau dibiarkan kan kasihan warga," bebernya.

Selain di wilayah itu, Kelurahan Kepatihan juga terdampak banjir cukup parah. Penyebabnya sama yakni luapan sungai Kalilo.

"Kalau di Kelurahan Kepatihan estimasi mencapai ratusan rumah," kata Gunandi, Ketua RT 2, Lingkungan Surodlagan, Keluarahan Kepatihan.

Ketinggian air di wilayah ini tak jauh berbeda, estimasi mencapai 2 meter. Akibat banjir ini, listrik di lingkungan tersebut sempat padam.

 "Dari PLN dimatikan, ya khawatirnya kan kesetrum," tegasnya.

Pagi ini, Sabtu ( 11/2/2023) air berangsur surut. warga pun mulai membersihkan lumpur sisa banjir. "Beberapa mulai bersih-bersih. Untuk korban jiwa tidak ada, hanya kerugian material," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lingkungan Lebak Terdampak Cukup Parah

Sementara itu Kapolsek Banyuwangi, AKP Kusmin mengatakan di wilayah kota ada beberapa titik banjir.

Sementara yang diketahui yakni di Kelurahan Tukangkayu, Kelurahan Kepatihan, Kelurahan Pengantigan, Kelurahan Kebalenan, Kelurahan Pakis dan Kelurahan Sobo.

"Di Lingkungan Lebak, Kelurahan Tukang Kayu ini yang cukup parah, karena berdekatan dengan aliran sungai," tegas Kusmin.

Sementara petugas masih melakukan assesment di lapangan. Informasi sementara tidak ada korban jiwa.

"Tapi hanya kerugian material, kita masih koordinasi dengan rekan-rekan lain dari petugas BPBD," tandasnya.

 

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya