Viral Video Hoaks PDIP Jatim Deklarasi Dukung Anies Baswedan

Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Budi Sulistyono atau Kanang memastikan video berjudul 'PDIP Jatim Deklarasi Anies Baswedan' yang viral di media sosial tidak benar, alias hoaks.

oleh Dian Kurniawan diperbarui 03 Mei 2023, 08:06 WIB
Diterbitkan 03 Mei 2023, 08:06 WIB
Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Budi Sulistyono atau Kanang. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)
Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Budi Sulistyono atau Kanang. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Surabaya - Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Budi Sulistyono atau Kanang memastikan video berjudul 'PDIP Jatim Deklarasi Anies Baswedan' yang viral di media sosial tidak benar, alias hoaks.

"Saya pastikan, tidak ada deklarasi mendukung Anies di Jawa Timur. Video itu menyesatkan, hoaks, untuk kepentingan calon lain," tegas Budi Sulistyono di Surabaya, Rabu (3/5/2023).

“Tolonglah, kita berkompetisi secara fair. Belum menang saja sudah hobi bikin kabar hoaks dan bohong, apalagi nanti kalau menang. Ini sangat membahayakan,” sambungnya.

Menurut Kanang, kader Banteng se-Jatim bulat mendukung Ganjar Pranowo, capres yang telah ditetapkan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk bertarung di Pilpres 2024.

"Kader PDIP Jatim sudah bulat, tak ada keraguan sedikit pun untuk mengamankan perintah Ibu Ketum, memenangkan mas Ganjar di Pilpres 2024," katanya.

Terkait beredarnya video hoaks tersebut, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah hukum. Yakni dengan minta Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) membuat laporan ke aparat penegak hukum.

"Karena video itu sudah ada unsur pelanggaran pidana, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian," ujar mantan Bupati Ngawi dua periode tersebut.


Narasi Dukung Anies Baswedan

Kukuhkan Kerja Sama Politik, Megawati dan Ganjar Sambut Rombongan PPP di Kantor DPP PDIP
Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengungkapkan kriteria calon wakil presiden yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Diketahui, dalam video itu disebutkan kader PDIP menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan. Juga ada narasi bahwa 35 DPC PD1P dukung Anies.

Video berdurasi dua menit 53 detik itu juga mencuplik acara pelantikan Banteng Muda Indonesia (BMI) Jawa Timur, salah satu organisasi sayap PDI Perjuangan, di Ponorogo beberapa waktu lalu.

Infografis Sentilan Sekjen PDIP Usai NasDem Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Sentilan Sekjen PDIP Usai NasDem Deklarasi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya