Prabowo Gunakan Komunikasi Profetik Lewat Joget Gemoy

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menilai Lomba Joget Gemoy yang diselenggarakan politikus Gerindra, Dedi Mulyadi, merupakan bentuk komunikasi profetik.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Nov 2023, 18:58 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2023, 18:52 WIB
Lomba goyang gemoy ala Prabowo. (Istimewa)
Lomba goyang gemoy ala Prabowo. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menilai Lomba Joget Gemoy yang diselenggarakan politikus Gerindra, Dedi Mulyadi, merupakan bentuk komunikasi profetik.

Hal ini disampaikan Toto terkait dengan makin populernya Joget Gemoy yang dijadikan brand capres Prabowo Subianto, yang kemudian dilombakan oleh Dedi Mulyadi.

Kegiatan tersebut diadakan Dedi dalam rangka mensosialisasikan politik riang gembira untuk mencairkan ketegangan dalam menghadapi Pilpres 2024.

Hal yang semakin terlihat dari sosok Pabowo, menurut Toto, Prabowo bukan politisi pendendam. Justru dia lebih banyak merangkul kepada siapapun yang dianggap telah mengkhianatinya.

"Prabowo tampak lebih tulus berjuang. Dia tidak pernah menyerang. Dan saat diserang, dia lebih memilih diam ketimbang melayani serangan, termasuk fitnah. Dari sisi ini, saya melihat Prabowo itu sebenarnya sedang mengamalkan jurus komunikasi profetik,” katanya, Minggu (26/11/2023).

Lewat joget ini, menurut Toto, Prabowo ingin memberi pesan bahwa dirinya tak terlalu memperdulikan berbagai serangan yang dialamatkan kepada dirinya. Mulai dari yang bersifat mencaci, menghina dan bahkan memfitnahnya.

"Ini kan jelas pesan moral para nabi kepada umatnya agar kita selalu sabar, kuat dan tahan menghadapi berbagai bentuk serangan seperti tadi. Termasuk, dalam kontek pertarungan politik," kata Toto.

Bedanya, lanjut dia, Prabowo menggunakan kecerdasannya merespon aneka serangan itu melalui joget.

Menurut Toto, jika Joget Gemoy ini terus //leading dan trending maka berpotensi mendongkrak selain popularitas, tapi juga elektabilitas Prabowo. Apalagi, kata Toto, istilah Joget Gemoy Prabowo ini muncul pertama kali disuarakan anak-anak muda.

“Karena itu, efek positifnya sangat potensial punya tempat di segmen anak muda, khususnya anak muda berkategori gen Z yang jumlahnya semakin besar,” kata Toto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Cerdas Populerkan Pasangan Prabowo-Gibran

Deklarasi Prabowo - Gibran
Dalam pidatonya, Prabowo memuji Gibran dan meyakinkan bahwa pilihannya terhadap Gibran sebagai calon wakil presiden tidak salah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lepas dari soal itu, menurut Toto, lomba yang digelar Dedi Mulyadi ini sebagai cara cerdas mempopulerkan pasangan Prabowo-Gibran. Apalagi, ada pesan moral yang sangat kuat tentang politik riang gembira dengan tidak mengumbar cacian, hinaan dan fitnah.

"Inilah yang membedakan Prabowo hari ini dengan Prabowo dulu, tepatnya pada Pilpres 2019 lalu. Seperti yang terpotret di survei LSI Denny JA, secara karakter personal, Prabowo hari ini dipersepsi sebagai figur strong leader," ungkapnya.

Menurut Toto, hal yang membedakannya dengan Prabowo dulu, saat ini sudah mulai dipersepsi plus, yaitu selain strong leader, juga figur yang semakin humanis. Salah satunya terlihat dari sikapnya yang tak mudah terpancing, tak lagi emosional dan lebih sering bercanda.

Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo Usung Gibran Jadi Cawapres di Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya